by

Wasinah Beli Motor Baru Karena Punya Jalan Baru Hasil TMMD Reguler Brebes

-Berita-44 views

Brebes – Sudah lama keinginan Wasinah (54), warga Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk membeli sepeda motor akhirnya kesampaian, berkat adanya jalan tembus ke dusunnya melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Hanya karena tidak adanya akses jalan dan jika akan keluar dusun untuk segala aktivitas, harus menyeberang Kali Pemali dengan naik perahu, maka keinginan untuk membeli motor itu dipendamnya dalam waktu cukup lama.

Kini, dengan adanya jalan tembus ke dusunnya itu dari Dusun Karanganyar, Kalinusu, yaitu jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, akhirnya mewujudkan impiannya tersebut.

”Jalan itu sudah membebaskan seluruh warga Dusun Kedung Kandri dari keterisoliran selama 75 tahun dengan dusun-dusun lainnya di desa kami.Kini dengan jalan baru itu saya bisa bersilaturahmi ke sanak saudara yang ada di dusun-dusun lainnya dengan cepat, yaitu 5 menit saja untuk sampai ke Dusun Karanganyar, Kalinusu,” ungkapnya, Rabu (21/10/2020).

Wasinah juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Bupati Brebes, atas pengentasan dusunnya itu dari keterisoliran.

Sementara untuk syukuran motor baru, dirinya berbagi kebahagiaan dengan sanak-saudaranya di Dusun Beji RT. 03 RW.04, Kalinusu, dengan nyawer uang bercampur beras sebagai selamatan motor baru.

Untuk diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan sampan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung, dengan membayar ongkos penyeberangan seribu rupiah untuk anak sekolah bolak-balik, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk setiap satu sepeda motor.

Sementara untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan. (Dar/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed