terangbenderang

Ini Kebijakan Pembangunan Pemdes Rantau Kasai Realisasikan Dana Desa

Admin
31 May 2019

Berandang-Empat Lawang. Kepala Desa Rantau Kasai kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang, Sumsel terus menggenjot pembangunan Desa. Febrika Dwi Atmaja selaku kepala desa Rantau Kasai menjelaskan, ada tiga arah pembangunan. Infrastruktur, Pemberdayaan dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ditahun 2019.

Febrika saat ditemui diruang kerjanya jumat (31/05/2019) menceritakan, sudah banyak capaian pembangunan ditahun sebelumnya. Khususnya pembangunan Infrastruktur baik jalan maupun gedung.

“Untuk realisasi dana desa tahun 2018 bangun jamban, gedung bum-des, jalan lingkar desa, jalan pertanian dan perkebunan, insentif posyandu, sarana olahraga, modal bum-des (pengadaan bahan pertanian) melalui toko desa.” ujar kades ini dengan ramah.

Lanjut dikatakan Febrika, “Sedangkan realisasi dana desa pada tahun ini (red; 2019) bangun jalan ke perkebunan, gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Insentif tenaga guru PAUD, guru ngaji dan posyandu.” tambahnya.

Selaku Pemerintah Desa dengan jumlah penduduk sekitar 700 jiwa dengan mayoritas masyarakat penghasil kopi dan padi, Febrika mengungkapkan, “Untuk pelaksanaan pembangunan akan kita realisasikan setelah hari raya”, ungkapnya.

Desa yang sudah mempunyai hasil PAD dari toko desa (pengadaan bahan – bahan pertanian), saat ditanya wartawan, ia mengaku tidak ada kendala dalam proses pencairan maupun proses penerapan pembangunan.

“Alhamdulillah tidak ada kendala baik itu pencairan DD maupun tahapan pembangunan dilapangan”, ceritanya.

Kades ini berharap, semoga dengan adanya program dana desa akan lebih bermanfaat dan menguntungkan bagi masyarakat khususnya para petani supaya hasil buminya terus mengalami peningkatan.

Menurut Erian (35), selaku warga setempat menambahkan, “Saya selaku masyarakat sangat bersyukur dengan adanya berbagai bangunan di desa karena dengan adanya dana desa semuanya dapat dibangun khususnya jalan menuju pertanian dan perkebunan warga.” Tutupnya. *(Mm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *