oleh

Protes Pjs Kades, Puluhan Warga Pagar Gunung Benteng Segel Kantor Desa

Berandang-Benteng. Puluhan warga desa Pagar Gunung kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah segel kantor desa setempat. Bermodalkan karton berwarna putih yang bertuliskan “Kantor Desa Disegel Masyarakat”. Karton dibumbuhi dengan tanda tangan warga yang hadir, (24/5/2018).

Menurut penuturan salah satu tokoh masyarakat yang ikut dalam aksi penyegalan kantor desa tersebut, Sopian Sori, peyegelan kantor desa ini merupakan wujud dari protes masyarakat setempat terhadap pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah yang sudah mengintimidasi masyarakat desa Pagar Gunung. Ia Juga menegaskan bahwa masyarakat desa pagar gunung menolak PJS Kepala Desa Pagar Gunung yang dilantik pada tanggal 16 Mei 2018 lalu.

“Kami menyegel kantor desa Pagar Gunung ini, karena kami tidak terima terhadap perlakuan Pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah yang melantik PJS kepala desa yang bukan usulan dari kami masyarakat desa pagar Gunung, berdasarkan hasil musyawarah masyarakat melalui BPD Desa kami ini,” tegas Sopian.

Menurut Sopian, musyawarah masyarakat melalui BPD yang menghasilkan usulan nama yang diajukan untuk PJS kades tersebut, bukan atas inisiatif masyarakat sendiri, melainkan atas permintaan atau perintah dari pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah. Sangat Disayangkan dari dua orang yang diajukan namanya kepada pemerintah daerah, tidak ada satupun yang dilantik. “Penolakan kami masyarakat desa Pagar Gunung, bukan hanya penolakan segelintir orang, tapi penolakan kami merupakan hasil musyawarah masyarakat dalam rapat melalui lembaga Badan perwakilan Desa Pagar Gunung yang lengkap dengan Berita acara dan daftar hadir, “ Imbuhnya.

Wargapun mensomasi, bila tuntutan tersebut tidak segera dipenuhi pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, maka pihak warga akan melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Bupati dan Kantor DPRD Bengkulu Tengah. (rm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *