terangbenderang

Pasar Barukoto Semakin Tidak Terawat, Sebenarnya Salah Siapa?

Admin
13 November 2018

Berandang-Bengkulu. Miris, perkembangan zaman pasar modern semakin menggelapkan mata masyarakat Bengkulu, khususnya pemerintah untuk memperhatikan ataupun memperbaiki bangunan pasar barukoto yang mulai usang.  Bahkan bisa dikatakan mati suri. Sebenarnya polemik ini salah siapa?

Untuk diketahui, pasar Barukoto bertempat di jalan Ahmad. Yani Malabero, Teluk Segara Kota Bengkulu. Berdiri pada tahun 1990an bisa dikatakan pasar paling tertua di tanah rafflesia. Kendati demikian, usang dimakan waktu pasar tersebut mulai tidak terawat.

Pasar Barukoto mulai terabaikan oleh masyarakat Bengkulu untuk berbelanja bahan makan pokok  memasuki era tahun 2000an. Pusat perbelanjaan ini masih naungan Pemerintah Kota (Pemkot). Setelah itu, bermunculan pasar tradisional lain dan baru muncul Mall seperti Mega Mall dan BenMall (BIM).

Sementara itu,  salah satu pedagang jualan makanan jajanan seperti nasi goreng dan lain-lain sangat menyayangkan bangunan Barukoto tidak terawat. Apalagi,  ia sudah bertahun-tahun berjualan disana tapi tetap tidak ada perbaikan dari pemerintah. Untuk siang hari, Barukoto sepi pengunjung karena banyak pedagang berjualan pada sore menjelang malam.

“Ya, kita mengharapkan ada bantuan dari pemerintah agar pasar tradisional tertua di Bengkulu bisa di renovasi dan kembali berjaya seperti zaman tahun 90an.  Menjadi tempat favorit masyarakat untuk membeli bahan pokok makanan maupun pakaian, ” ucapnya Koko Lee sapaan akrabnya disana, Selasa (13/11).

Sedangkan salah satu pengunjung pasar Barukoto. Juga menyayangkan bangunan pasar sudah hancur untuk di lantai atas sangat tidak terawat seperti tidak di huni oleh manusia puluhan tahun. Lantas ia bertanya sebenarnya yang bertanggung jawab ini pihak mana?

” Kita selaku penikmat masyarakat biasa ingin lihat pasar Barukoto di renovasi bangunannya. Malu nanti pada wisatawan asing kesini mengunjungi benteng Marlborough  depanan dengan pasar,” ujarnya Yogi Suardi pada Berandang.com.

Dari pantauan pewarta dilapangan, bangunan pasar Barukoto sangat tidak terawatt, banyak rolling toko hancur dan berkarat serta lantai tangga sudah berlumutan. (Ahm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *