oleh

Perkenalkankan Desa Wisata Belitar Seberang, Kadis Pariwisata Provinsi Buka Festival Bhumi Belirang

-Wisata-821 views

Berandang.com- Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan kegiatan The Wonder of Belirang, Arenga Coffe Belirang, Belirang Fun Bike dan Fun Camp serta Pameran Ekonomi Kreatif Desa dalam rangka menyambut pesona Indonesia 2022 dengan memperkenalkan Desa Wisata Belitar Seberang di Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong. Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman, SE M.Si. Turut hadir sekda Rejang Lebong, Kepala OPD terkait, Forkopimda dan beberapa kadis Pariwisata kabupaten Kota di Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, kadis Pariwisata Saidirman menyampaikan bahwa Destinasi wisata di Provinsi Bengkulu harus dapat kita kembangkan ke tingkat yang lebih tinggi. Oleh sebab itu perlu adanya dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat.

“Dengan adanya peningkatan di Sektor wisata maupun UMKM di Destinasi Wisata dapat juga meningkatkan perekonomian daerah, dengan seperti itu diharapkan kerjasama dari semua pihak. Selain itu, ada tiga faktor penting yang harus kita tingkatkan pada sektor wisata yaitu konsep atraksi, aksessibilitas, dan amenitas. Sehingga, pengelolaan berjalan baik dan destinasi tersebut banyak diminati. Ditambahkan, atraksi adalah apa yang bisa dilihat dan dilakukan oleh wisatawan di destinasi tersebut” jelasnya.

Sebagai salah satu pemenang desa wisata dalam ajang pemilihan desa Wisata se Indonesia, dimana desa Belitar Seberang mendapat Juara Harapan I terbaik, serta desa terfavorit se Indonesia, dan salah satu desa yang memiliki keindahan wisata dan telah dikunjungi langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Maka dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi contoh bagi seluruh desa di Provinsi Bengkulu, dalam menimbulkan potensi wisata yang ada di masing-masing desa.

“Alhamdulillah desa wisata Belitar Seberang sudah mendapat pengakuan, dan sudah dikunjungi oleh wisatawan asing, sehingga ini harus terus kita promosikan sebagai salah satu potensi meningkatkan ekonomi,” tambahnya.

Tamu Undangan Pembukaan Bhumi Belirang di Desa Belitar Seberang Kec. Sindang Kelingi Kab. Rejang Lebong

Sementara itu, Kombes Pol Asrial Kurniansyah Kepala SPN Polda Bengkulu sekaligus merupakan Pembina Desa Belitar Seberang, mengharapkan bahwa Festival Bhumi Belirang ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi kekayaan alam, sehingga potensi wisata yang ada di desa Belitar Seberang bisa menjadi pelopor peningkatan ekonomi.

“Kegiatan seperti ini memang diharapkan ada setiap tahunnya, sehingga kemudian dengan berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan, mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata yang masuk sebagai salah satu wisata milik desa terbaik di Indonesia,” sampainya.

“Ini merupakan desa Binaan Polda Bengkulu melalui SPN, jadi kami pastikan bahwa wisata Desa Belitar Seberang sudah siap menerima para wisatawan,” demikian tutupnya.

Setelah dibuka secara resmi, seluruh jajaran pemerintah melepas secara resmi Belirang Fun Bike dan Belirang Fun Camp, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke stand UMKM Desa Blitar Seberang hingga selesai. Demikian. *(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *