oleh

Unusia Gandeng Dosen UMPalopo Mengajar Metodologi Penelitian Kualitatif

-Pendidikan-5.754 views

Berandang.com – Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palopo (UMPalopo) untuk kolaborasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kerjasama yang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis melalui Program Studi (Prodi) Akuntansi melaksanakan pertukaran dosen dengan Prodi Akuntansi UMPalopo. Dosen yang ditugaskan oleh UMPalopo adalah Dr. Rismawati, S.E.,M.S.A.,CSRS.,CSP.,CRMP.

Muhammad Aras Prabowo, S.E.,M.Ak menyampaikan bahwa dalam kerjasama pertukaran dosen tersebut, Dr. Rismawati, S.E.,M.S.A.,CSRS.,CSP.,CRMP mengajar mata kuliah metodologi penelitian. “Dr. Rismawati akan mengisi beberapa pertemuan dalam proses perkuliahan metodologi penelitian kualitatif, yang akan berkolaborasi dengan Habsyah Fitri Aryani” jelas Aras.

Menurut Sekretaris Prodi Akuntansi Unusia Habsyah Fitri Aryani, M.Ak dalam proses perkuliahan metodologi penelitian, Dr. Rismawati membahas tentang penelitian kualitatif, sedangkan saya metode kuantitatif. “Harapannya, jika mahasiswa mempelajari kedua metode penelitian mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas” terang Habsyah.

Dalam proses perkuliahan oleh Dr. Rismawati, beliau banyak menjelaskan konsep metode penelitian kualitatif, beserta pembahasan tentang hasil penelitian kualitatif yang berasal dari berbagai jurnal, terang Alviansyah Sugam. “Kami dan teman-teman merasa antusias mengikuti perkuliahan Bu Dr. Risma, karena merupakan hal baru bagi kami semua” jelas Alvin mahasiswa semester 6 Prodi Akuntansi Unusia.

Dr. Risma merasa senang bisa berkolaborasi dan mengikuti pertukaran dosen di Unusia. Dalam beberapa kesempatan di perkuliahan, beliau memberi semangat dan inspirasi kepada mahasiswa semester 6 Prodi Akuntansi Unusia. “Perlu Ade-ade ketahui bahwa dalam peraturan Kemendikbud, ada dua cara bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana, yaitu dengan skripsi atau Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS)” terangnya kepada mahasiswa. 11/05/2023.

Gelar sarja dengan skripsi, sama seperti mahasiswa pada umumnya. Sedangkan dengan KISS yaitu mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk jurnal yang terpublis pada jurnal terakreditasi minimal sinta 4 atau 5 papar Dr. Risma dalam perkuliahan 11 Mei.

Mahasiswa diberi beberapa video terkait penjelasan metode penelitian kualitatif melalui you tube untuk ditonton oleh mahasiswa. Kemudian, setiap mahasiswa berkewajiban untuk menjelaskan hasil review dari materi yang ditonton di depan teman-teman mereka, beber Rochmatul Ummah. “Kami seluruh mahasiswa semester 6 Prodi Akuntansi mengucapkan selamat kepada Ibu Dr. Risma yang lolos sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) 2023, semoga kami semua selalu terinspirasi kepada Bu Risma” ucapan selamat yang diwakili Rohmatul kepada Dosennya yang baru lolos BAN PT.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *