oleh

Gubernur Herman Deru Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ponpes Al Jailaniyah

-Pendidikan-74 views

Berandang.com- Muara Enim. Bertempat dilapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Jailaniyah desa Payabakal kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, telah dilaksanakan gelar peletakan batu pertama pembangunan mesjid Al Jailaniyah yang dilakukan oleh Gubernur Herman Deru. Kegiatan tersebut juga didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi sumatera selatan, Ny Febri Herman Deru. Minggu (24/7/2022)

“Keberhasilan Ustadz Soni dalam memimpin Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin II jalan bandara Palembang sebagai salah satu langkah kreatif dan produktif. Dan diharapkan nantinya Ponpes Al Jailaniyah akan satu frekwensi dengan masyarakat guna meningkatkan produktivitas masyarakat desa.” Sebut Gubernur Herman Deru diawal sambutan.

Dan sebagai apresiasi atas keberhasilan tersebut, Gubernur Herman Deru memberikan hibah bantuan berupa mobil Toyota kijang Innova sebagai operasional Ponpes.

Lanjut Herman Deru, bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, namun dalam perkembangan Ponpes juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak eskalasi ekonomi dan juga stimulasi pilihan bagi orang tua dalam mengarahkan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan.

“Berkembang Ponpes sebagai perkembangan eskalasi ekonomi syar’i, sehingga berperan juga sebagai stimulasi pusaran ekonomi. Disamping juga sebagai perekat bagi meningkatkan keimanan¬† kita dan juga stimulasi bagi orang tua murid untuk menjadikan ponpes sebagai pilihan tempat pendidikan,” Sebut Gubernur Herman Deru, seraya mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan dan kombinasi antara ilmu yang tinggi dan akhlak yang terpuji.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan AP MSi, Memberikan apreasiasi tersendiri atas kesempatan dan waktu yang diberikan oleh Gubernur Herman Deru, meskipun ditengah kesibukan menjalankan tugas selaku Gubernur Sumatera Selatan, namun berkenan hadir ditengah masyarakat dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan mesjid di kecamatan Gelumbang.

“Selamat datang bapak gubernur dan ibu Hj Febri Herman Deru ke bumi Serasan Sekundang, Meskipun ditengah kesibukan namun masih menyempatkan diri untuk hadir di Ponpes Al Jailaniyah ini atas niat tulus dalam pengabdian kepada masyarakat. Besar harapan kami, semoga masjid ini nantinya memancarkan cahaya syiar Islam terutama dalam visi dan misi kabupaten Muara Enim nantinya,” Harap Bupati Kurniawan.

Diakhir kegiatan , secara spontan, Gubernur Herman Deru dan Bupati Muara Enim sepakat untuk memberikan hibah berupa 600 Sak semen untuk dipergunakan sebagai modal awal pembangunan mesjid Al Jailaniyah. Diharapkan juga mampu menjadi pendorong bagi pihak lain agar berkenan atas doa dan restu, sehingga nantinya pembangunan masjid Al Jailaniyah dapat terlaksana sesuai dengan harapan Ponpes Al Jailaniyah dan masyarakat desa Payabakal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kakanwil Kemenag Provinsi sumatera selatan, Ketua PB NU dan PW NU Sumsel, Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan AP MSi, Pj Sekda Riswandar, Kepala Kemenag Kabupaten Muara Enim, Kadishub Kabupaten Muara Enim, Junaidi, Kapolsek Gelumbang, IPTU Rendy Novriady, Danramil Gelumbang, Kapten Abdullah, Camat Gelumbang H Restu Joni Karla, Anggota DPRD kabupaten muara Enim, diantaranya Lusi Suryadi, Mukarto, Hadiyono SH, Kepala Puskesmas Gelumbang, Fitri Sujariah. S.St. M.Kes, Kepala desa di wilayah kecamatan Gelumbang, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tamu undangan serta masyarakat disekitar lokasi kegiatan.

Hernawan, selaku warga Payabakal yang turut mempersiapkan acara di Ponpes Al Jailaniyah mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran Gubernur Herman Deru.

“Alhamdulilah, kerja keras kami terbayar sudah dengan kehadiran Pak Gubernur. Kehadiran beliau merupakan bentuk dukungan atas pembangunan Ponpes didesa kami. Saya pribadi siap memberikan kontribusi baik tenaga, pikiran bahkan biaya agar Ponpes ini bisa berjalan dengan baik” tutup Iwan sapaan akrabnya. *(ET)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *