oleh

Upacara HUT RI di Benteng Inggris Bengkulu, Kirab Bendera Pecahkan Rekor Muri

Pecahkan Rekor Muri, Kirab Bendera Start Rumah Ibu Fatmawati

Berandang-Bengkulu. Dalam perayaan HUT RI ke 73, Provinsi Bengkulu pecahkan Rekor Muri kirab bendera terbanyak.

Kirab bendera ini, start dari Rumah ibu negara pertama Indonesia, Fatmawati Sukarno yang juga penjahit Sang Saka Merah Putih 73 tahun silam.

Sebanyak 13 ribu lebih peserta kirab bendera yang terdiri dari ASN dan Pelajar ini, tampak memadati sepanjang jalan protokol kawasan Suprapto hingga Lapangan Merdeka View Tower Kota Bengkulu sebagai titik finish.

“Kita awali dengan kirab Bendera Merah Putih dari Rumah Ibu Fatmawati sampai Lapangan Merdeka, ini simbol yang ingin kita bangun, menanamkan semangat patriotisme mengangkat nama pahlawan Ibu Fatmawati, dimana beliau menjahit Sang Saka Merah Putih yang kemudian menjadi simbol kedaulatan bangsa. Ini yang kita tanamkan pada genarasi muda, khususnya generasi muda Bengkulu,” ungkap Rohidin bersemangat.

Bengkulu Gelar Upacara HUT RI di Benteng Inggris

Pemerintah Provinsi Bengkulu gelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73, di Benteng Marlborough yang juga benteng Inggris terbesar kedua setelah Fort St. George Madras, India.  

Perayaan HUT RI di Benteng yang sudah berusia lebih tiga abad ini, berlangsung khidmat.

“Upacara kita pusatkan di Benteng Malborough, kita ingin tanamkan semangat juang. Benteng ini sebagai simbol kekuatan dan perjuangan masyarakat Bengkulu merebut kemerdekaan RI,” ujar Rohidin Mersyah, Plt Gubernur Bengkulu selepas upacara, Jumat (17/8).

Rohidin menambahkan, peringatan HUT RI ke-73 ini memang spesial, karna bersamaan dengan HUT Emas Provinsi Bengkulu ke 50 tahun.

Kemeriahan HUT RI di Bengkulu kali ini, cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain gelar upacara di benteng peninggalan Inggris. Pemerintah bersama masyarakat mengawali upacara dengan kirab bendera.

Dalam momentum ini, Rohidin menegaskan, Bengkulu dan Ibu Fatmawati memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Neraga Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita berharap, pada momentum ini, kesejahteraan masyarakat Bengkulu ke depan lebih baik,” lanjutnya.

Suasana Kirab Bendera Merah Putih
Suasana Penyerahan Sang Saka Merah Putih Kepada Paskibraka
Plt Gubernur menterahkan sang saka merah putih sesaat sebelum pengibaran bendera
Paskibraka Siap Mengibarkan Sang Saka Merah Putih

(Adv Humas Pemprov/oo3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *