oleh

Ganjar Mendominasi di Musra XVII Jateng, Lintas Aktivis NU Usung Mahfud MD

-News, POLITIK-5.676 views

Berandang.com- Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XVII Jawa Tengah (Jateng) sukses digelar di Balairung Astina Hall, di Hotel UTC Semarang, Jateng, Minggu (4/1). Ajang pencarian capres-cawapres ini dihadiri ribuan lebih relawan dari berbagai kabupaten dan kota di Jateng.

Masing-masing perwakilan relawan capres-cawapres mengungkapkan keunggulan jagoannya. Ada yang mendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Arsjad Rasjid, Moeldoko, dan banyak lagi tokoh lainnya.

Salah satu yang paling menonjol dan dominan adalah kelompok simpatisan Ganjar Pranowo. Di kandang sendiri ini, pendukung Ganjar mendominasi arena. Selain pendukung Ganjar, simpatisan yang kebanyakan mahasiswa dan lintas elemen aktivis Nahdatul Ulama (NU) juga mendukung Mahfud MD.

Masing-masing relawan meneriakkan nama jagoan mereka. Seperti relawan Ganjar berseru, Ganjar Presiden, Ganjar penerus Jokowi. Simpatisan Mahfud tak mau kalah. Mereka berteriak Mahfud sang pendobrak kebuntuan hukum, santri penerus Presiden Jokowi.

Sebelum melakukan e-voting, sambutan dan diskusi digelar untuk memantik ribuan peserta Musra yang hadir.

Saat pembukaan, Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mengapresiasi antusiasme relawan dan masyarakat Jawa Tengah yang hadir membanjiri arena. Andi memastikan, Musra akan jadi instrumen demokrasi yang mengungkapkan keinginan rakyat.

“Luar biasa. Sukses Musra Indonesia di Jawa Tengah. Sampaikan aspirasi dengan gembira. Jangan salah pilih pemimpin 2024. Sehingga dari Jawa Tengah muncul pemimpin nasional yang bisa melanjutkan legacy Pak Jokowi,” tutur Andi Gani di arena Musra Jateng, Semarang, Minggu (4/2).

Andi, tak heran, relawan Ganjar melimpah karena Jateng adalah kandang Gubernur Jawa Tengah ini. Ditambahkan Andi, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta. Di puncak Musra itu, bakal diumumkan 3 nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

“Ada nama capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Arsjad Rasjid, dan Moeldoko,” ungkapnya.

Dalam sesi penyampaian pendapat, pendukung Ganjar nampak mendominasi. Sutoyo, relawan dari Temanggung mendukung pemimpin ke depan yang nasionalis dan agamis. “Pak Ganjar cocok sekali melanjutkan Pak Jokowi,” ujar Sutoyo.

Serupa, Sudirman, perwakilan Projo Kabupaten Tegal juga mendukung Ganjar sebagai capres. Ganjar, kata dia, jelas kerjanya. “Ganjar mampu melanjutkan program Jokowi. Dia juga bukan anak jenderal, tidak punya partai, bukan pengusaha. Ini membuka mimpi orang biasa menjadi pemimpin,” tuturnya.

Sementara Ponco, perwakilan Ansor NU kota Semarang menyatakan dukungannya kepada Mahfud MD. “Nanti siapapun Presidennya, cawapresnya butuh orang NU. NU saat ini lekat dengan Mahfud MD,” tuturnya.

Salah satu santri NU Jateng, Billy juga mendukung Mahfud MD. Dikatakan, Mahfud memiliki kapasitas, pernah di legislatif, yudikatif, dan kini di eksekutif. Mahfud juga pendobrak hukum dan pengawal konstitusi.

“Beliau dekat dengan kalangan nasionalis, agamis, juga aktivis, bisa merangkul kelompok kiri dan kanan,” tuturnya disambut Rizki dari forum pemuda pembela bangsa Semarang yang menilai Mahfud mampu jaga toleransi dan NKRI. *(Lia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *