oleh

Gubernur Sumsel Puji Empat Lawang di Rapat Paripurna HUT Kabupaten Ke-12

-BIROKRASI-604 views

Berandang – Empat Lawang. Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH MM puji kemajuan Kabupaten Empat Lawang di rapat paripurna Hari Jadi kabupaten Empat Lawang ke-12 tahun. Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang berlangsung di Gedung Serbaguna pemerintah Empat lawang sekira pukul 10.00 Wib, selasa (23/04/2019).

Rapat paripurna hari jadi ke-12 Kabupaten Empat Lawang dibuka oleh Windera Safri, SE selaku ketua DPRD. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Selatan, saudara Bupati Empat Lawang beserta seluruh tamu undangan yang hadir pada undangan acara rapat paripurna.

Tampak hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru SH, MM beserta rombongan, Kapolda Sumatera Selatan Ir.  Zulkarnain Adi Negara, Kodam II Sumatera Selatan,  Kejaksaan Tinggi Sumsel,  Bupati Empat Lawang,  Ketua DPRD Empat Lawang, wakil 1, wakil II beserta 24 Anggota Dewan Empat lawang. 

Selain itu, Paripurna ini juga dihadiri Kapolres Empat lawang beserta anggota, seluruh OPD Empat lawang, Unsur Tripika, Danrem Empat lawang, Camat se-kabupaten Empat lawang,  Kepala desa sekabupaten empat lawang, Pendiri Empat lawang,  Seluruh Tokoh agama,  Tokoh masyarakat, Toko adat dan Dinas pendidikan melalui jajarannya.

Dalam kesempatan ini bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad memaparkan visi misi dimasa kepemimpinannya kedepan yaitu Dengan tema ”Dihari jadi ke-12 Kabupaten Empat Lawang mari kita tingkatkan tekad untuk membangun yang lebih baik menuju Empat Lawang  “MADANI” mengandung 10 misi diantaranya adalah World of government, kemandirian ekonomi, pengembangan industri, optimalisasi sumber dana, peningkatan kualitas SDM, orientasi Kesejahteraan rakyat, peningkatan kualitas dasar pendidikan kesehatan dan sosial dasar, pembangunan sarana dan prasarana publik, menghadirkan keamanan dan ketertiban, yang mana beberapa diantaranya telah sukses dicapai sejak awal dirinya dilantik hingga saat ini. Salah satunya adalah menghadirkan keamanan dan ketertiban umum.

Waka I, Waka II, Ketua DPRD, Gubernur Sumsel, Bupati Empat Lawang, Wabup Empat Lawang di Rapat Paripurna HUT Ke-12
Sambutan Gubernur Sumsel H. Herman Deru, SH MM di Rapat Paripurna Hari Jadi Ke 12 Kabupaten Empat Lawang

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. SH.MM, saat sambutannya menyampaikan, “Luar biasa, ini diatas espektasi yang kami bayangkan, karena Empat Lawang lebih maju, lebih hebat dengan apa yang kami bayangkan selama ini. Kalau kita cerita empat lawang wataknya keras sama dengan komering, empat lawang ternyata watak kerasnya terkelola dengan baik. Sehingga menjadikan daerah ini lebih maju dari apa yang di bayangkan. Ini tentu tidak lepas dari pengelolaan pemerintahan yang benar, tata kelola keuangan yang benar, kepemimpinan di masyarakat yang benar, maka selalu saya sampaikan pentingnya arti kekompakan eksekutif dan legislatif.  Apa lagi BUpati Joncik tidak terlalu banyak 35 anggota, lebih mudah menyatukan persepsi. Yang 75 saja bisa kompak. Kompak di internal eksekutif ini juga penting, Empat Lawang bisa dijadikan model sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akur luar dan dalam.” Ujar Gubernur Herman Deru.

Lebih lanjut, Herman Deru menegaskan, “Kekompakan eksekutif. Apa yang dipaparkan pak Bupati dilayar besar ini, jayen screen tadi bagaikan twenty one disajikan dengan benar. Itu asli karena saya pernah hadir dan melihat sendiri pada titik yang disorot tadi pak Bupati. Kepemimpinan baru sekitar 7 bulan, butuh dukungan secara jelas terutama dari para ibu-ibu. Butuh dukungan jelas dari para Legislatif dan juga tidak kalah pentingnya butuh dukungan. Bukan sekedar berbagi pengalaman. Saya pernah menjadi bupati di daerah otonomi baru seperti ini, dengan dua zona yang terbagi disini ada tebing ada lintang. Cara mengelolanya pemimpin dituntut untuk berkeadilan, berupaya untuk adil baik perhatian juga pembangunan. Karena kebutuhan masing-masing zona itu berbeda. Melayani dikantor, dirumah, dijalan. Begitu juga wakil demikian.” tutur Deru.

Herman Deru juga mengharapkan agar pimpinan harus banyak turun kelapangan. Jangan pernah segan untuk mengetahui langsung kondisi dilapangan. Ia berharap, bagaimana caranya pimpinan harus ada timbal balik kepada mereka, jangan sampai masyarakat merasa tidak diperhatikan.

Persoalan perhatian ini bisa menjadi dampak besar agar dapat adil dari berbagai daerah,  cara atau sistem yang sempurna dan kita hadapi harus di jalani sebagai amanat konstitusi, tingkat kemiskinan harus adanya pemeretaan Ideologi, kerakyatan, ekonomi kreatif dan sebagainya dan bagaimana mengiris APBD itu tepat dengan sasaran, penurunan angka kemiskinan ini sudah cukup baik pak bupati katanya.

Pemerintah daerah agar dapat mengatasi kemiskinan, APBD dapat ditingkatkan. Agar menurunkan angka kemiskinan. Menurut Deru, membangun itu ada dua macam; ada yang membangun terlihat tapi tidak terasa, ada yang membangun tidak terlihat tapi terasa. Ia mencontohkan pembangunan irigasi. Ia juga turut mencontohkan, bagaimana mengolah kualitas kopi dapat menjadi lebih baik. Menurutnya, ada dua ratus tiga puluh ribu hektare kualitas kopi Sum-Sel No 3 di dunia. semua menjadi kopi sendiri – sendiri. Kopi semende, Empat Lawang dan pagaralam. Kenapa kita tidak bisa berfikir bagaimana cara megelola kopi sendiri. ucap Deru disaat menyampaikan sambutannya di Paripurna.

Diakhir, Herman Deru menegaskan, “Saya berjanji sebagai Gubernur, akan angkat semua potensi daerah termasuk Empat Lawang, tapi tentu butuh keseriusan dari masing-masing Kabupaten. Secara khusus kepada pak Joncik Dan Pak Yulius, ketua dewan, Wakil ketua dan seluruh anggota dewan, pandangan saya sebagai orang pengalaman menjadi seorang Bupati, Empat Lawang ini yakin bisa lebih populer dari kabupaten yang ada, asal berani mempromosikan.” ujarnya.

Diakhir acara, Gubernur melakukan penyerahan sertifikat tanah kegiatan pendapatan tanah sistematik lengkap (PTSL) tahun 2019 di Kabupaten Empat Lawang.

Rapat Paripurna hari Jadi Kabupaten Empat Lawang Ke-12 Tahun.
Photo Bersama Gubernur Sumsel, Bupati, Wakil Bupati dan Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang

(Adv).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *