oleh

Peringati Tahun Baru 1444 H, Warga Air Sempiang Gelar Sedekah Bumi

-EVENT, Lain-Lain-117 views

Berandang.com- Sambut tahun baru 1444 Hijriyah, warga Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan gelar Sedekah Bumi. Minggu (14/08/2022)

Kegiatan ini bagian dari budaya desa Air Sempiang yang digelar setiap memasuki tahun baru Islam.

Kepala Desa (Kades) Air Sempiang, Mugiyanto mengungkapkan, “Kita sangat bersyukur pada kesempatan ini bisa melaksanakan acara sedekah bumi. Sekaligus menghibur masyarakat desa Air Sempiang.” terangnya.

Pelaksanaan sedekah bumi tahun ini tampak sedikit berbeda dengan dua tahun sebelumnya pasca dilanda covid 19. Dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat sehingga tidak bisa diadakan secara terbuka seperti tahun ini, terang Kades.

Lebih lanjut dikatakan Mugi, “Pada tahun ini masyarakat sangat antusias sekali merayakannya. Apalagi ditambah dengan hiburan kesenian seperti kuda kepang dan pencak silat juga tari-tarian.” tuturnya.

Sajian nasi tumpeng di acara sedekah bumi sambut tahun baru Islam 1444 H di desa Air Sempiang

Pelaksanaan acara berlangsung di lapangan desa Air Sempiang berjalan sukses dan kondusif meskipun sempat di guyur hujan.

Acara ini menampilkan kesenian tradisional. Seperti pencak silat PSHT HT dibawah pimpinan ARDIYSA selaku pelatih pencak silat PSHT desa Air Sempiang.

Puncak acara diawali dengan penyerahan nasi tumpeng. Tampak hadir Camat Kecamatan Kabawetan, anggota DPRD Kepahiang, seluruh perangkat desa dan segenap masyarakat desa Air Sempiang.

Kades Mugiyanto berharap, kedepan, kegiatan ini menjadi icon budaya desa. Meskipun nanti dirinya tak lagi menjabat, namun pemimpin setelah dapat melaksanakan acara ini dan membuat lebih meriah lagi. *(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *