oleh

Pemekaran Kabupaten Seluma, Husni Thamrin: Harus Memenuhi Segala Unsur

-Hukum, POLITIK, TOKOH-310 views

Berandang- Menanggapi rencana pemekaran Kabupaten Semidang Talomas, yang telah dibahas oleh beberapa tokoh masyarakat berasal dari 6 Kecamatan pada Rabu malam di jalan Sungai Rupat Kota Bengkulu, Ketua DPRD Kabupaten Seluma Husni Thamrin berpendapat bahwa sah-sah saja jika memiliki pemikiran yang baik. Silahkan menuangkan pemikiran tersebut.

“Kalau ada pemikiran, untuk pemekaran Talo Maras, saya rasa sah-sah saja, sebab setiap orang berhak untuk berpikir dan menuangkan hasil pemikirannya,” Jelas Husni Thamrin.

Lebih lanjut lulusan Doktor Hukum terbaik itu menjelaskan, bahwa untuk pemekaran suatu wilayah harus memenuhi beberapa persyaratan, yang meliputi persyaratan Administratif, Teknis, dan syarat fisik.

Perlu diketahui, yang dimaksud dengan syarat Administratif yaitu daerah yang akan diusulkan pemekaran harus mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota/Kabupaten, Walikota/Bupati, DPRD Provinsi serta Gubernur dan terakhir mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri merujuk PP No.78 tahun 2007.

Ketua DPRD termuda penggiat kampanye ‘Hormati Guru Sayangi Teman’ menambahkan, sedangkan untuk syarat teknis itu sendiri, meliputi kemampuan ekonomi, jumlah penduduk, potensi daerah, luas daerah, sosial budaya, sosial politik, dan pertahanan keamanan (PP No.78 tahun 2007).

Begitu pula dengan syarat fisik, menurut sumber yang sama bahwa untuk pemekaran daerah meliputi, Untuk Provinsi terdiri dari minimal 5 kabupaten/kota, untuk kabupaten minimal memiliki 7 kecamatan, Kota memiliki minimal 5 kecamatan, Lokasi calon ibukota, serta sarana dan prasarana pemerintahan.

“Sepanjang dari persyaratan yang ditetapkan Undang-undang memenuhi, saya rasa tentu pemikiran ini akan terlaksana,” Ucapnya.

Ketua Partai Nasdem Kabupaten Seluma dengan segudang prestasi ini  berharap, agar hal ini nantinya jangan sampai menjadi penyekat untuk masyarakat Kabupaten Seluma.

“Saya harap pemikiran ini nantinya, tidak menjadikan penyekat untuk masyarakat Kabupaten Seluma sehingga terjadi pengkotak-kotakan masyarakat,” imbuhnya.

“Jangan sampai menimbulkan konflik, apalagi bisa saling curiga sesama masyarakat Kabupaten Seluma,” tutup pemuda yang di elu-elukan konstituen Sahabat HT calon Bupati Seluma periode mendatang. (004)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed