oleh

DPRD Provinsi Soroti Belum Tersalurnya DAK Fisik Hingga Batas 14 Maret 2024

Berandang.com – wakil ketua III DPRD Provinsi Bengkulu Hj. Erna Sari Dewi, SE menanggapi serta mengingatkan dengan tegas pihak Pemerintah provinsi segera lakukan penyerapan DAK Fisik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Disisi lain Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu mencatat bahwa hingga bulan Maret ini, penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Provinsi belum terlaksana.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu

Pemerintah Pusat memberikan tenggat waktu hingga 14 Maret 2024 mendatang untuk penandatanganan DAK Fisik. Yang menjadi catatan penting bagi setiap Pemda dalam percepatan realisasi anggaran tahun 2024.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Bayu Andy Prasetya menyampaikan hingga saat ini belum terjadi penyaluran anggaran.

“Kita sudah memonitor dari sisi realisasi anggarannya sampai dengan hari ini masih nol atau nihil penyaluran,” terang Bayu.

Meskipun demikian, pengadaan barang dan jasa masih berlangsung. Bayu mengimbau agar DAK Fisik segera menyelesaikan kontrak sebelum tanggal 14 Maret 2024.

“Kami himbau para pengampu DAK Fisik, kalau bisa sebelum 14 Maret 2024 ini sudah bisa ditandatangani kontraknya,” kata Bayu.

Menurut, Hj. Erna Sari Dewi, SE, bahwa anggaran APBD tahun 2024 sangat terbatas dikarenakan diserap untuk pelaksanaan pilkada kepala daerah mendatang.

“Anggaran APBD tahun 2024 cukup terbatas untuk pembangunan fisik. Mengingat banyak anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada akhir tahun mendatang,” ungkapnya.

Erna menyoroti bahwa kegiatan penyerapan aspirasi atau kegiatan reses menunjukkan masih banyaknya kebutuhan infrastruktur yang belum terpenuhi, terutama di Kota Bengkulu dan kemungkinan di kabupaten lainnya.

“DPRD Provinsi Bengkulu mendorong kepada jajaran Pemprov Bengkulu dan pihak terkait lainnya agar penyerapan DAK fisik bias di optimalkan dengan baik,” ujarnya.(ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *