by

TMMD Reguler Brebes Mengasah dan Mempermahir Keterampilan Pertukangan Prajurit

Brebes – Adanya program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi ajang bagi para anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler, menjadi lebih terampil lagi di bidang pertukangan.

Bagi anggota TNI yang berasal dari kesatuan tempur dan baru pertama ditugaskan di TMMD sekelas regular, TMMD Kalinusu menjadi ajang melatih bakat.

 

Seperti terlihat saat ini, Koptu Harlin, anggota Satgas TMMD Reguler dari Yonif 407 Padma Kusuma, bersama rekan-rekannya sedang bekerja di sasaran talud yang dibangun di kanan kiri jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu. Senin (28/9/2020).

“Bagi saya ini merupakan penugasan keempat saya di TMMD Reguler. Cuma bedanya disini, medannya di tanah persawahan sehingga ukuran campuran adukan yang digunakan agak ditambah semen biar talud benar-benar kuat menahan beban mobil pengangkut panen nantinya,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap cuaca terus bersahabat sehingga pekerjaannya cepat selesai dan jalan dapat digunakan untuk mengangkut hasil bumi secara maksimal.

 

“Mudah-mudah tidak sering turun hujan sehingga akan menghambat droping material bangunan sampai ke titik-titik pembangunan atau finishing talud,” imbuhnya.

 

Sementara dijelaskan Peltu Maulana, Ketua Teknisi Bangunan Kodim Brebes, setelah enam hari terjun ke Kalinusu, sejumlah personel Satgas TMMD tersebut tampak sudah mulai terampil mengayunkan peralatan tukang di beberapa pengerjaan sasaran fisik, seperti di pembangunan talud 2,7 kilometer setinggi 0,5-1,5 meter dan juga rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program TMMD Reguler senilai Rp. 10 juta/unit rumah.

 

Sedangkan bagi para prajurit muda, TMMD Reguler kali ini menjadi bekal untuk kegiatan TMMD Reguler selanjutnya, maupun karya bakti TNI di wilayah kesatuannya masing-masing. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed