by

Septic Tank Rehab RTLH TMMD Reguler Brebes Rampung

Brebes – Pembuatan 1 unit septic tank dan kakus di rumah Raad (66), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah seratus persen melalui program rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Raswad atau Rosul (48), menyatakan terima kasih atas bonus sarana sanitasi bagi mertuanya yang sudah berusia lanjut dan sakit-sakitan itu. Kamis (1/10/2020).

Dibenarkan Kadus Karanganyar, Mukhsinin (41), tambahan fasilitas buang air besar di rumah Mbah Raad karena sebelumnya kondisinya memang tidak sehat dan rawan menjatuhkan kakek tersebut di wc nya dahulu.

“Pembuatan kakus dan septic tank hanya diperuntukkan bagi rumah Mbah Raad, dari kelima penerima rehab RTLH program TMMD Reguler senilai Rp. 10 juta,” terang Mukhsinin.

Menurutnya juga, jika dibiarkan maka dikhawatirkan akan mengakibatkan gangguan kesehatan bagi Mbah Raad.

Sementara Pasiter Kodim Brebes, Kapten Arhanud Nediono menambahkan, upaya melayakhunikan rumah Mbah Raad tak tanggung-tanggung, sebagai bentuk respek dari situasi dan kondisi rehab rumah di lapangan.

“Untuk pembangunan sanitasi lainnya dilakukan di Lapangan Sepakbola Desa Kalinusu, yaitu MCK semi permanen dengan 4 kakus dan 1 kamar mandi. Untuk saat ini juga sedang ditambah lagi bangunan MCK semi permanen dengan dengan jumlah fasilitas yang sama,” sebutnya.

Ditambahkannya, untuk saat ini sementara difokuskan untuk digunakan oleh anggota Satgas TMMD yang dipusatkan tinggal di tenda-tenda pleton di lapangan tersebut. Sementara pasca TMMD, sarana itu akan diserahkan kepada masyarakat setempat sebagai fasilitas MCK umum di lapangan itu. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed