by

Pemerintah Desa Kalinusu Siap Rawat Hasil TMMD Reguler Brebes

Brebes – Adalah Sugiarto, SH (37), Sekretaris Desa (Sekdes) Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengapresiasi Kodim 0713 Brebes yang sedang menggelar TMMD Reguler 109 di desanya, terlebih ada tambahan program fisik berupa rehab rumah tidak layak huni bagi 5 warganya.

 

Menurutnya, walaupun sementara jumlahnya masih 5 unit rumah, namun setidaknya dapat mengurangi angka keluarga pra sejahtera di desanya, dimana masih ada 98 rumah berdinding papan/kayu dan 35 rumah berdinding gedek/anyaman bambu.

 

“Mewakili kepala desa dan kelima warga penerima manfaat, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Kodim Brebes atas bantuannya,” ujarnya, Senin (28/9/2020).

 

Dijelaskannya lanjut, dengan jumlah bantuan tersebut, tentunya pihaknya sudah mempertimbangkan matang berdasarkan skala prioritas keluarga yang benar-benar tidak mampu.

 

“Upaya pengentasan kemiskinan bukan hanya tugas Pemerintah dan TNI saja, melainkan merupakan PR bersama, karena APBD Pemkab juga terbatas dan sedang fokus ke penanganan covid,” imbuhnya.

 

Untuk itulah dirinya menawarkan kepada seluruh pihak yang longgar rezeki, agar ambil bagian untuk setidaknya menambah jumlah rumah tersebut.

 

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada desa kami untuk dijadikan pelaksanaan program TMMD Reguler 109,” tandasnya.

 

Tak lupa dirinya juga melaporkan bahwa jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, dari Dusun Karanganyar, telah tembus ke Dusun Kedung Kandri yang selama ini terisolasi. Tinggal pekerjaan penyempurnaan sasaran penunjangnya yang berupa talud, gorong-gorong dan 3 plat duiker.

 

Pasalnya, secara langsung jalan TMMD itu telah membantu masyarakat khususnya Kedung Kandri, di berbagai bidang kehidupan, terutama perekonomian.

 

“Warga kami berkomitmen akan menjaga dan merawat apa yang telah dan sedang dibangun melalui gotong royong antara Satgas TMMD bersama warganya dan segenap pihak lainnya, untuk generasi Kalinusu selanjutnya,” pungkasnya. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed