by

Jalan TMMD Reguler Brebes Memerdekakan Dusun Terisolir dan Merekatkan Sinergi

Brebes – Kabupaten Brebes, Jawa Tengah memiliki sebuah desa yang bernama Kalinusu. Sejak puluhan tahun lalu, ada satu dusun di desa itu yang terisolir yaitu Dusun Kedung Kandri, dan kini telah tersentuh pembangunan infrastruktur, berupa akses jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter.

 

15 Agustus – 21 Oktober 2020 nanti, Pemerintah hadir bersama bersama TNI di wilayah Desa Kalinusu dengan membawa segudang jawaban dari penantian 100 kepala keluarga Dusun Kedung Kandri yang selama ini menanti harapan.

 

Melalui melalui TMMD Reguler 109 yang dilaksanakan oleh Kodim 0713 Brebes, warga dusun tersebut mendapat kemajuan dari berbagai aspek, baik itu infrastruktur, SDM, hingga pengentasan 5 orang warganya melalui rehab 5 unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

 

Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menjelaskan, tujuan dari TMMD adalah meningkatkan kelancaran arus transportasi barang dan jasa dari desa ke kota, mendekatkan pelayanan kesehatan, serta ke sekolah terdekat.

 

TMMD juga merangsang masyarakat untuk membangun desanya dan menumbuhkan kesadaran untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dalam membantu tugas TNI-Polri.

 

“Tujuan TMMD yakni mensejahterakan masyarakat, baik pembangunan infrastruktur hingga berbagai pembinaan seperti pertanian, perikanan, kesehatan, perekonomian, keamanan serta memberikan wawasan kebangsaan bagi warga masyarakat sasaran,” bebernya, Selasa (29/9/2020).

 

Dikatakannya lanjut, TMMD yang dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah NKRI itu guna menunjang keberhasilan pembangunan nasional serta menumbuhkan kembali gotong royong atau yang sekarang disebut sinergitas. Sehingga dengan sinergitas maka pekerjaan berat akan menjadi ringan.

 

“Kami selaku garda terdepan dalam mengemban amanat Pemerintah melalui program TMMD, tentu saja tidak akan berhasil jika tidak dibantu Polri, OPD terkait, Forkopimcam, pemerintah desa, segenap Ormas, dan juga warga setempat,” tandasnya.

 

Sementara itu Bripka Didik Fahmi, anggota Polsek Bumiayu, sengaja mengajukan diri untuk andil dalam pelaksanaan TMMD Reguler karena dirinya merupakan Bhabinkamtibmas Kalinusu.

 

“TMMD Reguler ini kesempatan bagi saya untuk lebih mengabdi kepada masyarakat, mempererat soliditas dengan rekan TNI, serta menjadi banyak mengenal sejumlah Ormas yang membantu pekerjaan,” ungkapnya.

 

Menurutnya, jalan antar dusun itu akan memudahkan jalannya dalam melayani pengaduan masyarakat Kedung Kandri, yang kini merdeka dari kata terisolasi walaupun jalan belum benar-benar 100 persen. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed