by

Dukun Bayi Juga Terbantu Jalan TMMD Reguler Brebes

Brebes – Sebelas hari sudah pelaksanaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jumat (2/10/2020).

TNI dan warga terus kebut pekerjaan untuk menyelesaikan sasaran fisik yang sudah diprogramkan, yaitu pembangunan talud 2,7 kilometer tinggi 0,5-1 meter, sebagai sarana penunjang jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri.

Mbah Sumrah (60), dukun bayi yang asli Kalinusu itu, menyatakan terima kasih kepada Pemerintah dan TNI, yang telah membuka jalan ke Kedung Kandri, sehingga membantu profesinya saat harus memberikan pertolongan persalinan ke dusun yang baru saja merdeka dari keterisoliran setelah jalan TMMD itu tembus kesana pada pembukaan TMMD Reguler, 22 September 2020 lalu.

“Terima kasih, dengan adanya jalan tanah itu, sekarang ke Kedung Kandri hanya 8-10 menit saja naik sepeda motor,” ujarnya.

Untuk diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu/rakit untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka harus membayar ongkos rakit seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor. Tak hanya itu, jika hendak mendapatkan pelayanan Adminduk di Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer dalam waktu 45 menit lebih, dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai ke kantor desanya itu. (Dar/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed