by

Adanya TMMD Reguler Brebes, Lapangan Sepak Bola Desa Kalinusu Ditata

Brebes – Adanya program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang menmbangun infrastukrut di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga telah membangun budaya gotong-royong dan kepedulian warga setempat dan sekitarnya untuk terlibat dalam memajukan desa tersebut.

Begitu juga bagi pemuda Desa Kalinusu, mereka menjadi lebih peduli terhadap sarana olahraga, yakni penataan Lapangan Sepakbola Kalinusu, dimana saat ini dipenuhi tenda pleton sebagai tempat operasional Satgas TMMD, baik itu tempat pemusatan tinggal pasukan, dapur lapangan, dan juga Poskotis TMMD.

Dibenarkan Kepala Dusun Karanganyar, Desa Kalinusu, Mukhsinin (41), bahwa kondisi Lapangan Sepakbola Kalinusu, kondisinya memang kurang terawat karena jarang dilakukan perbaikan oleh warga. Namun begitu adanya TMMD yang memberikan perubahan besar bagi infrastruktur di desanya itu, warga setempat kini lebih peka dan mempunyai budaya malu untuk ikut memajukan desanya. Kamis (1/10/2020).

TMMD telah membuka jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, ke Dusun Kedung Kandri yang selama ini terisolir dari Kalinusu. Begitu juga pembuatan MCK semi permanen di pinggir lapangan sepakbola tersebut, telah menggugah semangat warga dan para pemuda untuk menata kembali lapangan.

“Awalnya sih enak untuk main sepakbola, namun karena jarang di babat maka rumputnya tinggi dan akhirnya jarang digunakan karena takut cedera,” bebernya.

Dirinya berharap, setelah adanya penataan dan bantuan MCK dari Satgas TMMD Reguler, lapangan tersebut ke depan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk sarana berolahraga sekaligus menciptakan keakraban dan kebersamaan para pemuda Kalinusu.

Sementara dijelaskan Danramil 08 Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi, untuk fasilitas di MCK tersebut adalah 4 kloset dan 1 kamar mandi. Sementara saat ini juga sedang dilakukan penambahan 4 kloset dan 1 kamar mandi lagi, untuk kebutuhan sanitasi Satgas TMMD.

“Untuk MCK, saat ini memang difokuskan untuk Satgas TMMD, namun setelah pelaksanaan TMMD maka akan diserahkan kepada pihak desa sebagai fasilitas umum, sekaligus menggugah minat olahraga pemuda Kalinusu,” bebernya. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed