by

Opak Simping Akan Menjadi Makanan Khas Bersama TMMD Reguler Brebes

-TMMD-13 views

Brebes – Opak Simping adalah cemilan renyah yang terbuat dari singkong. Di lokasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes saat ini, yaitu Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, cemilan ini akan menjadi jamuan sehari-hari dari warga setempat bagi TNI yang sedang membangun infrastruktur melalui program tersebut.

 

Selain sebagai suguhan untuk tamu, masyarakat setempat banyak yang membuatnya sebagai tambahan penghasilan keluarga, dengan menjualnya ke pasar.

 

Salah satu perajin setempat adalah Susilowati (30), warga Dukuh Glempang RT. 03 RW. 06, Kalinusu, dimana telah menggeluti usahanya itu sejak lima tahun lalu.

 

Selaku warga Kalinusu yang terbantu aksek pembangunan jalan menuju ke ladangnya, Susilowati menyatakan kesiapannya untuk membantu TNI dan warga lelaki yang sedang membangun jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari Lapangan Desa Kalinusu menuju salah satu dukuh yang terisolasi, yaitu Dukuh Kedung Kandri.

 

“Yang saya bisa lakukan untuk membantu di TMMD adalah menyumbangkan opak slimping buatan saya, sebagai cemilan saat istirahat siang pembangunan jalan,” ujarnya, Senin (21/9/2020).

 

Dari usaha kecil-kecilan itu, ia mengaku selama ini cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia pun siap menerima pesanan.

 

Ia berharap adanya pelatihan packing dan juga pemasaran, di kegiatan non fisik TMMD Reguler, sehingga kedepan usahanya itu akan lebih maju lagi dan berdampak terhadap peningkatan omset usaha. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed