terangbenderang

Prodi IPA IAIN Bengkulu Kirim Mahasiswa Ikuti Seleksi Penyisihan OSKI PTKIN 2019

Admin
30 October 2019

Berandang.com- Bengkulu. Sebanyak 2 orang mahasiswa dari Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Tarbiyah (FTT) IAIN Bengkulu mengikuti babak penyisihan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKI Tahun 2019. Seleksi ini diikuti melalui sistem online di Laboratarium Komputer, Lt. 3 Gedung Pelatihan Rabu (30/10/19)

OSKI PTKI 2019 mengambil tema “Peran dan Tantangan Sains dan Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0:  Sintesis, Karakterisasi, dan Properti”.

Abdul Aziz, M. Pd  selaku Ka. Prodi Tadris IPA menjelaskan OSKI merupakan ajang kompetisi ilmiah yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama bersama Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN. Mahasiswa lingkup PTKI Negeri dan Swasta akan mengadu kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Karya Inovasi.

“Even ini dimaksudkan sebagai wahana mahasiswa PTKI dalam mengaktualisasikan temuannya di bidang sains dan karya inovasi. OSKI juga sekaligus menjadi ruang pembuktian bahwa PTKI tidak hanya memiliki kehandalan di bidang keislaman an sich, tetapi juga sains dan karya inovasi.” ungkapnya.

Sedangkan pada lomba karya inovasi, bidang ilmu dikhususkan bagi yang memiliki relevansi dengan tema terkait literasi dan inovasi teknologi, nano-teknologi dan produk kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan, dan deteksi dan mitigasi bencana.

“Kompetisi ini bermanfaat dalam membangun semangat belajar, kreatifitas, dan daya saing mahasiswa dalam bidang sains sehingga mampu menjadi generasi unggul sesuai dengan bidang yang digeluti. Selain itu  lomba ini juga dapat menjadi parameter untuk mengukur kemampuan mahasiswa PTKI dalam penguasaan konsep keilmuan dan keterampilan kerja bidang ilmu matematika, fisika, kimia dan biologi”, paparnya.

Dia berharap, beberapa di antara peserta yang mengikuti babak penyisihan hari ini dapat mewakili IAIN Bengkulu untuk mengikuti babak selanjutnya yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 November 2019 di Kota Makassar.

*(Adv)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *