terangbenderang

Tingkatkan Pemahaman Tentang Hukum, Kades Tanjung Betuah Gelar Penyuluhan

Admin
21 August 2018

Berandang-Kaur. Untuk mewujudkan pemerintah desa dan masyarakat akan sadar hukum, Kepala Desa Tanjung Betuah Kecamatan Nasal, Selasa  (21/18) sekira Pukul 10 Wib,  Lakukan gelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum.

Penyuluhan hukum ini digelar langsung dikediaman Kepala Desa Tanjung Betuah Bapak Ilyan Suardi, Dan diikuti lebih kurang 80 Orang masyarakat desa Tanjung Betuah.

Kepala desa Tanjung Betuah Ilyan Suardi dalam keterangan pers menjelaskan, Sosialisasi Penyuluhan Hukum bertujuan agar masyarakat mengetahui akan hukum, Terutama bagi aparatur desa. Hal ini sangat penting diketahui mengenai hukum. Dikarenakan perangkat desa diberikan beban untuk melaksanakan atau mengelola keuangan kegiatan Dana Desa (DD).

Dalam hal ini pihak desa mengundang narasumber dari kejaksaan, Kasi Datun Budi M Nainggolan, Ibu Desi Gultom dan Anggi Anggara Bidang Intelejen dengan materi yang diberikan dalam penyuluhan “Alternatif Penyelesaian  Permasalahan Hukum di Luar Pengadilan” 

Menurut Kasi Datun Kejaksaan Negeri Kaur Budi M Nainggolan, Kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum bisa berkelanjutan, materi yang disampaikan mengenai hukum yang berlaku di Indonesia. Khususnya mengenai bidang sengketa di luar pengadilan.

Nainggolan mencontohkan; saat ditilang polisi, bisa diselesaikan secara langsung. Namun dengan cara denda disetor langsung ke Bank dengan membawa bukti tilang. Setelah disetor ke bank, maka pihak bank akan mengeluarkan bukti pembayaran yang akan di serahkan ke pihak kepolisian tutup Kasi datun.

Disesi yang lain, Ibu Desi Gultom jaksa pungsional kejari Kaur selaku pemateri,  Penyelesaian hukum diluar pengadilan ìtu bisa diselesaikan. Ia mencontohkan seperti kasus anak-anak. Penyelesaian dengan cara musyawarah, negosiasi untuk mencari jalan keluar permasalahan.

Photo bersama tokoh masyarakat dan narasumber
Pemateri Penyuluhan Hukum

(Adv/MD)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *