terangbenderang

Tim Penyuluh Pertanian dan Perikanan Sosialisasikan Program Minapadi

Admin
15 October 2019

Berandang.com – Empat Lawang. Sebagian besar daerah di Indonesia sudah mengembangkan program budidaya minapadi dengan metode kolaborasi tanaman padi dengan ikan. Selasa (15/10/19)

Adapun tim surveinya yang datang Andi Ramlan dan Eko Apriansyah dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Empat Lawang, Samsul Jauhari dan Aprianingsih, SP selaku penyuluh pertanian, didampingi Kepala Desa dan istri tercintanya serta masyarakat. Survei tim penyuluhan ini di wilayah Kecamatan Lintang Kanan salah satunya Desa Karang Tanding karena potensi lahan dan air irigasi mencukupi di Kecamatan Lintang Kanan.

Tim penyuluh menyampaikan program minapadi adalah salah satu tipe budidaya ikan disawah yang mengintegritaskan tanaman padi dan ikan dengan keuntungan yang didapatkan secara bersamaan, lahan sawah menjadi subur dengan adanya kotoran ikan yang mengandung berbagai unsur hara serta tidak akan ada hama padi karena dimakan ikan “Jelas Eko.

Ditambahkan Samsul Jauhari “Berbagai upaya telah dilakukan dan terus ditingkatkan supaya kehidupan petani sejahtera, tentunya upaya membutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik pemerintah maupun seluruh masyarakat.

Sambungnya “Saya berharap hususnya pemerintah mendukung dan dapat membantu kekurangan di lapangan, baik pakan, benih dan mesin supaya setiap usaha dilakukan hasilnya yang terbaik untuk kebaikan bersama “Terang Jauhari.

Anton selaku Kepala Desa Karang Tanding mengucapkan terima kasih kepada tim penyuluh pertanian dan perikanan karena telah bersedia survei di desanya.

“Terima kasih kepada tim penyuluh pertanian dan perikanan karena telah menyempatkan waktu untuk survei ke desa kami karena program ini sangat bermanfaat bagi warga yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan lahan dan meningkatkan pendapatan petani melalui program minapadi, gizi keluarga juga dapat terpenuhi dan resiko kegagalan panen dapat dikurangi “Ujarnya.

Sambung Anton “Minapadi dapat menjadi solusi paling baik dalam menghadapi perubahan iklim yang extrim seperti saat ini, sebab tekhnik budidaya minapadi adalah metode bisa dilakukan sekaligus dalam satu musim tanam, metode penyelang pemeliharaan ikan disawah menjelang nunggu hasil padi dan metode tumpang sari adalah pemeliharaan ikan bersama padi pada satu hamparan” Ujarnya.

Saya berharap program minapadi ini di tahun 2020 segera terealisasi dengan baik sesuai yang kita inginkan, program ini sangat bagus bagi warga karena satu musim dua hasil panen.” Harap Anton.
*(San)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *