terangbenderang

Pengesahan RAPBD Kota 2019 Resmi di Setujui, 262 Miliar Pembangunan Infrastruktur Jadi Pilihan Utama

Admin
30 November 2018

Berandang-Bengkulu. Akhirnya, pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Bengkulu tahun 2019 resmi disetujui oleh pihak DPRD Kota dan Pemerintah Kota (Pemkot).

Sempat menuai kontroversi akibat peminjaman pada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI). Pihak anggota DPRD Kota sempat menolak.

Kendati demikian, sempat terjadi penolakan. Akhirnya,  mereka menyepakati untuk peminjaman tersebut.

Walapun, peminjaman itu belum tentu terealisasikan karena masih banyak proses yang harus dituju.

Apalagi, sudah diresmikan untuk pengesahan RAPBD 2019. Salah satunya anggaran paling besar pada infrastruktur bangunan Kota.

Anggaran tersebut sebanyak 262 miliar rinciannya dibacakan oleh ketua badan anggaran DPRD Kota Suimi Fales.

160 miliar diperuntukkan untuk Dinas PUPR Kota. Merehab jalan Kota Bengkulu pada tahun 2019.

“Berharap jalan di kota maupun lingkungan yang belum di aspal semuanya mulus tidak ada jalan tanah,” ucapnya Suimi Fales saat Rapat Paripurna DPRD Kota, Jumat (30/11).

Lanjut dikatakan Suimi,  sebanyak  70 miliar diperuntukkan untuk dinas Perhubungan Kota, untuk lampu jalan agar Bengkulu terang benderang disepanjang jalan.

20 miliar, renovasi gedung rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

DPRD Kota dan Pemkot juga menyetujui 12 miliar untuk pembelian lahan kompleks tempat kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditempati lahan tanah warga.

Sementara itu, Walikota Bengkulu memberikan apresiasi pada anggota dewan DPRD Kota untuk saran, kritik serta masukanmenjadi evaluasi kedepan bagi Pemkot.

Sebagai bentuk amanah dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

“Lampu jalan akan dinikmati oleh masyarakat kita. Sudah puluhan bahkan ratusan tahun sebagian kota dan pinggiran tidak menikmati cahaya lampu, ” ujarnya Helmi Hasan.

Dikatakan Helmi, dengan pembahasan RAPBD 2019 maka akan melihat senyum masyarakat disetiap sudut jalan, RT RW, rumah ibadah dan sebagainya.

“Bukan cuman lampu yang menerangi disetiap jalan tapi hatinya juga akan terang,” katanya.

Sedangkan untuk peminjaman dana SMI. Helmi juga menegaskan bahwa itu juga keinginan Presiden RI. Dalam percepatan pembangunan di Kota Bengkulu.

Rapat Paripurna DPRD Kota langsung dipimpin Ketua DPRD Baidari Citra Dewi, didampingi Waka I dan II serta tamu eksekutif dari Pemkot Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Unsur OPD dan FKPD dijajaran Pemkot. *(Ahm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *