terangbenderang

Warga Lintang Temukan Emas Batangan Senilai Milyaran Rupiah

Admin
8 February 2019

Berandang-Empat Lawang. Warga desa Sukarami kecamatan Lintang Kanan kabupaten Empat Lawang, Sumsel digegerkan dengan penemuan barang kuno emas batangan. Disisi samping batangan emas tersebut tertulis 24 K. Tampak sisi depan bergambar Ir. Soekarno. Selain emas, turut ditemukan sebilah keris serta liontin berbentuk naga. Benda numismatic itu ditemukan pada hari rabu (06/02/2019). Sekira pukul 23.00 wib. Penemuan tepat dilokasi rumah warga yang terkena musibah kebakaran beberapa bulan lalu, (08/02/2019).

Benda kuno tersebut ditemukan oleh Alpian yang sering disapa AL (48 th). Saat dimintai keterangan, AL mengungkapkan penemuannya berawal dari petunjuk ghaib. AL akhirnya menceritakan petunjuk ghaib tersebut pada keluarga dan warga. Akhirnya disepakati untuk melakukan penggalian.

“Saya mendapatkan petunjuk ghaib, setelah itu saya menceritakan kepada keluarga dan warga. Akhirnya disepakati untuk digali”. Tutur AL kepada awak media.

Namun penggalian benda kuno tersebut tak berlangsung mulus. Warga melakukan penggalian dilokasi tempat rumah warga bekas korban kebakaran. Dengan lebar galian 1,5 meter dan kedalaman 1,5 meter. Setelah dilakukan penggalian mulai pukul 00.00 wib hingga 03.00 wib benda tersebut tak kunjung didapatkan.

Khawatir galian tersebut menimbulkan kerusakan, akhirnya pencarian dihentikan.

“Jangan digali lagi, khawatir akan merusak”, ujar AL kepada warga yang menggali.

Selang tiga minggu kemudian, AL kembali mendapat petunjuk. Menurut keterangannya, dalam petunjuk ghaib tersebut bahwa benda tersebut masih ada dengan jarak lebih kurang lima meter dari penggalian sebelumnya.

“Ternyata setelah saya cari, dalam tempo waktu yang tidak lama, benda tersebut saya temukan tidak terlalu dalam, berkisar kedalaman lebih kurang 25 cm. Namun benda tersebut dalam keadaan hangus terbakar. Setelah saya bersihkan dengan air kelapa dan jeruk nipis, warnanya jelas dan terang” Tutur AL kepada awak media.

Menurut pengakuan AL, emas batangan tersebut dengan berat sekitar 2,5 ons. Bila harga emas saat ini 615 ribu per/gram, emas tersebut ditaksir senilai 153 juta. Belum termasuk nilai liontin emas.

Keesokan harinya, warga yang mendengarkan informasi penemuan benda tersebut langsung mendatangi rumah AL. Ratusan warga berdatangan lantaran penasaran ingin melihat benda tersebut.

“Saya tidak melarang warga yang ingin melihat, memegang serta berfoto dengan barang tersebut” ujar AL.

Sayangnya, pada pukul 21.00 wib AL kembalikan benda-benda tersebut ketempat asal ia menemukannya.

Menurut AL, ia kembali mendapatkan petunjuk ghaib agar barang tersebut dikembalikan ketempat semula. “Kalau mau mikat burung jangan pakai senapan. Kalau mau mikat burung laki-laki, pikatlah menggunakan burung perempuan. Kalau mau mikat burung perempuan, mikatnya menggunakan burung laki-laki”, tutur AL menirukan pentunjuk ghaib tersebut dengan Bahasa khas Lintang.

Dengan petunjuk tersebut yang menjadikan AL memutuskan untuk mengembalikan emas batangan, liontin dan keris tersebut ketempat semula ditemukan.

Tak dapat diketahui pasti keaslian emas batangan tersebut, namun penemuan benda kuno itu sempat menghebohkan warga sekitar. *(Sa/Tim).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *