by

Liburan Sekolah, Ratusan Santriwan dan Santriwati Gontor Asal Sumsel Tiba Dengan Protap Kesehatan Ketat

Berandang.com- Palembang. Menjelang liburan puasa ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, sebanyak 438 santriwan dan santriwati asal sumatera selatan tiba bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, minggu (1204/2020).

Sebagian dari ratusan santri dan satriwati Pondok Modern Darussalam Gontor yang didampingi para pembimbing ini akan menghabiskan libur panjang ke kampung halaman untuk menghadapi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Rencananya sebagian dari santri dan satriwati secara bertahap akan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumsel, siang ini, Minggu (12//4/2020).

Tampak para santri dan santriwati ini pulang ke Sumatera Selatan (Sumsel) dengan melalui protokol kesehatan yang sangat ketat dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumsel.

Ustadz Hendra M Ilyas, selaku Ketua  Ikatan Keluarga Pondok Modern  (IKPM) Gontor Cabang Sumsel mengatakan, pihaknya sebagai fasilitator kepulangan para santri dan satriwati ini sudah berkordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Ustadz Hendra, pihaknya tidak membuat agenda tersendiri terkait kepulangan santri dan satriwati Ponpes Modern Gontor ini, akan tetapi hanya mengikuti SOP maupun protap yang telah ditentukan Gugus Tugas Covid-19 Sumsel.

Ustadz Hendra mengatakan, ada dua jenis kedatangan santri dan santriwati Ponpes Mondern Gontor asal Sumsel ini. Di mana sebagian pulang menggunakan pesawat terbang dan sebagian menggunakan bus.

Untuk santriwati yang tiba hari ini di Bandara Internasional SMB II Palembang sebanyak 57 orang dengan empat pembimbing.

Menurut Ustadz Hendra. 57 santriwati ini berasal dari Gontor Putri 3 dan 5 yang masing-masing terletak di Mantingan dan Kandangan, Provinsi Jawa Timur.

Sementara santri dan santriwati lainnya menaiki bus dengan jadwal kepulangan Gontor Putra 1 dan 5 tanggal 14-15 April 2020 dengan lima bus sebanyak  225 santri dan 13 pembimbing.

Kemudian, Gontor Putra 7 dengan jadwal kepulangan tanggal 13 April 2020 dengan dua bus sebanyak  63 santri dan satu pembimbing.

Selanjutnya, Gontor Putri 1 dan 2, jadwal kepulangan tanggal 12 April 2020 dengan menaiki dua bus sebanyak 93 santriwati, dua  pembimbing, dan tiga wali santri.

Dikatakannya, untuk santriwati yang tiba menggunakan pesawat akan diperiksa kesehatan oleh Tim dari Kepala Kantor Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional SMB II Palembang. Apabila sudah mendapat surat keterangan sehat, maka diperbolehkan langsung dijemput oleh wali.

Bagi santri dan santriwati yang menggunakan kendaraan darat atau bus akan diistirahatkan satu malam untuk diperiksa kesehatan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumsel di Rumah Sehat Covid-19 area Jakabaring Sport City Palembang.

Apabila sudah mendapat surat keterangan sehat, maka wali santri/santriwati diperkenankan untuk menjemput keesokan harinya pukul 12.00 WIB.

Bagi santri dan santriwati yang berasal dari daerah kabupaten/kota sebelum Kota Palembang diperbolehkan turun di daerah masing-masing dengan catatan, koordinasi dari pembimbing.

Ditambahkan Ustadz Hendra, pada dasarnya seluruh santri dan satriwati Ponpes Gontor sudah dalam kondisi sangat sehat.

Para santri dan santriwati ini sebelum kepulangannya sudah dikarantina oleh pihak Pondok Modern Gontor hampir sebulan.

Proses karantina ini di mana seluruh santri dan satriwati dilarang untuk bertemu dengan para wali dan bahkan dilarang menerima paket.

“Bahkan dokter kesehatan pesantren para santri dan satriwati ini sudah dinyatakan sehat untuk pulang. Namun kita hanya ingin safety dan menyakinkan saja agar selama dalam perjalanan pulang, para santri dan satriwati ini tidak keluar dari kendaraan, kecuali keperluan mendesak seperti buang air dan lainnya. Dan sebisa mungkin mengurangi kontak dengan dunia luar supaya menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan di mobil kita pesankan untuk sering-sering cuci tangan dan menggunakan masker,” terang Ustadz Hendra lagi.

Sebagaimana diketahui kedatangan para santri dan satriwati Pondok Modern Darussalam Gontor asal Sumsel ini selain disambut oleh IKPM Cabang Sumsel, juga dari Bimbingan Belajar Moba Latansa. (Rls)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed