terangbenderang

Kepala UPTD Puskesmas Klarifikasi Prihal Hebohnya Warga Lubuk Cik Terinfeksi Virus Corona

Admin
26 March 2020

Berandang.com – Empat Lawang. Terkait hebohnya isu warga Desa Lubuk Cik, Kecamatan Lintang Kanan, diduga terinfeksi Virus Corona (Covid 19). Kepala UPTD Puskesmas Lesung Batu, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, melakukan Klarifikasi prihal tersebut. Kamis (26/03/2020)

Titin Suryani selaku Kepala UPTD Puskesmas menjelaskan kepada awak media “Pada hari minggu 22 maret 2020 sekira pukul 20.00 Wib dan pada hari senin 23 maret 2020 sekira pukul 10.00 wib telah melakukan klarifikasi prihal warga Desa Lubuk Cik, Kecamatan Lintang Kanan yang baru pulang dari malaysia sebagai TKW” Jelasnya.

Adapun yang melakukan Klarifikasi tersebut yaitu :
Camat Lintang Kanan Suharlan.S.sos, Kapolsek Lintang Kanan Iptu Indra Gunawan dan Kepala Puskesmas Lesung Batu Ibu Titin suryani.

“Catatan analisa setelah dilakukan klarifikasi hasil yang didapat yaitu:
1. LETI NAPIKA Binti AZIZ, 19 Maret 1990 (21 thn) keterangan : Pada tanggal 10 Maret 2020, pulang dari Negara Malaysia sebagai TKW beserta suaminya yaitu SOFIAN (32 thn), asal Kabupaten Kerinci, provinsi Jambi dan 1 (satu) orang anaknya, pulang ke Indonesia untuk pulang ke Desa Lubuk Cik kecamatan Lintang Kanan, pada saat tiba di bandara sukarno-hatta telah menjalani tes pemeriksaan khusus dan dinyatakan NEGATIF TERINFEKSI VIRUS CORONA/COVIT-19 oleh pihak kesehatan bandara” Papar dia.

Sambungnya, pada 11 maret 2020 telah tiba dan tinggal dirumahnya di Desa Lubuk Cik. Hingga saat ini LETI NAPIKA beserta ke 2 (dua) anaknya dinyatakan dalam keadaan SEHAT oleh pihak Puskesmas”

Kemudian, lanjut dia “JUNIARTI (20 thn), pada 17 Maret 2020 pulang dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam bersama ke 2 (dua) anaknya kerumah orang tuanya di Desa Lubuk Cik, yang bersangkutan pernah menjadi TKW di Negara Malaysia sejak thn 2008 s/d 2017.
Yang bersangkutan pulang bertujuan untuk ziarah dan berobat secara non medis karena sakit yang dideritanya semenjak 2 tahun yang lalu” Terang Titin.

Lanjut dia, DESI Binti DELI (18 thn) dengan keterangan, yang bersangkutan mulai sakit semenjak 3 hari yang lalu sehingga dihubung-hubungkan dengan kepulangan saudari LETI NAFIKA Binti AZIZ yang baru pulang dari Negara Malaysia sebagai TKW dikarenakan rumah saudari LETI NAFIKA dengan saudari DESI masih tetangganya. Sakit yang diderita oleh DESI yaitu sakit perut dan tidak mau makan, untuk saat ini sudah dirawat di RSUD Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

“Sakit yang diderita oleh saudari DESI oleh masyarakat masih dihubung- hubungkan dengan Virus Corona (Covid-19) sehingga membuat rasa ketakutan masyarakat terhadap maraknya pemberitaan di medsos, hal tersebut juga dihubung-hubungkan oleh masyarakat desa saat ini yang telah viral tentang berita 3 (tiga) orang masyarakat Kecamatan Talang Padang yang diisukan telah terinfeksi karena baru pulang dari Negara Malaysia, yang ternyata informasi tersebut Hoax” Ujarnya.

Titin Suryani selaku Kepala UPTD Puskesmas berharap dan merekomendasikan agar ditingkatkan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan unsur Tripika, agar Bhabinkamtibmas menggiatkan penyuluhan, sambang ke desa-desa dan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona/Covid 19 serta sosialisasi prihal Maklumat Kapolri” Harapnya.
*(San)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *