terangbenderang

Ini Takaran Bayar Zakat Menurut Baznas Provinsi Bengkulu

Admin
25 May 2018

Berandang-Bengkulu. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu yang beralamat di Jl. Asahan No. 2 Padang Harapan, menganjurkan untuk setiap muslim membayar zakat wajib di bulan suci Ramadhan 1439 H, berupa zakat fitrah. Jum’at(25/5/2018).

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat H. M Ihsan Nasution, SH, saat ditemui diruangnnya menuturkan, kewajiban membayar zakat fitrah berlaku bagi semua umat Islam dari bayi hingga lansia. Dengan ketetuan; hidup didua masa yaitu akhir Ramadhan dan awal Syawal, dan masih ada persedian bahan makanan selama 1 hari 1 malam setelah bayar zakat fitrah”.

Praktisi Dakwah tersebut menambahkan, “Zakat Fitrah utamanya diberikan pada fakir miskin dari 8 golongan penerima zakat yang ada. Penyalurannya dapat melalui amil zakat ataupun diberikan secara langsung kepada fakir miskin”.

“Zakat fitrah dapat dibayar berupa beras 10 canting atau 2,5 kg, dengan syarat jenis beras yang dikonsumsi sehari-hari dan beras untuk zakat fitrah sama jenisnya. zakat fitrah dengan nominal uang, kelas tinggi kisaran dari Rp 35 ribu, kelas kemenengah Rp 30 ribu,  kelas bawah Rp 25 ribu, sesuai dengan keputusan bersama Kementerian Agama Kota Bengkulu”. Ujar Ihsan Nasution.

Senada dengan Ihsan Nasution, Pengurus MUI Provinsi Bengkulu dan Akademisi Dr. Asnaini, M.Ag saat ditemui ; Semua yang berjiwa berkewajiban membayar zakat fitrah. Zakat fitrah dapat dibayar pada tanggal 29/30 Ramadhan. Namun badan amil zakat yang terdapat dimasjid-masjid dapat membuat peraturan guna mempermudah alokasi waktu penyaluran hasil zakat fitrahnya nanti, agar sampai kepada yang berhak tepat waktu. Misal,  masyarakat dapat membayar zakat fitrah di Amil Zakat satu minggu sebelum 1 syawal agar 8 golongan dapat menerima zakat tepat pada waktunya”.*Rin*

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *