terangbenderang

Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor, Fuso Terguling dan Timbun Rumah Warga

Admin
29 August 2018

Berandang-Kaur. Diguyur curah hujan yang sangàt tinggi, beberapa titik wilayah di Kabupaten Kaur terjadi longsor, Hari rabu (29/18) sekitar pukul 05.30 Wib. Longsor terjadi di wilayah tiga Kecamatan. Semidang Gumay, Luas dan kecamatan Muara Sahung.

Hal ini diakibat tingginya intensitas hujan yang turun tadi malam. Hingga longsor di beberapa titik yang menutupi ruas badan jalan lintas barat Sumatra. Jalan menghubungkan Kaur-Manna di Kecamatan Semidang Gumay tepatnya di desa Suka Merindu, Mentiring, dan Bunga Melur jalan yang menuju ke kecamatan Kinal.

Akibat longsor tersebut terdapat Satu unit mobil Fuso dengar nomor polisi BE 8241 BU terguling. Longsor hampir menutupi semua badan jalan hingga mobil Fuso mencoba untuk melalui dari celah jalan yang tersisa, namun jalan amblas dan mobil terbalik, namun sopir berhasil menyelamatkan diri.

Badan jalan di daerah Mentiring dan Suka Merindu masih dapat dilalui kendaraan roda empat dengan diatur secara bergantian. Sebelum dilakukan pembersihan dengan bantuan alat berat dinas Pekerjaan Umum (PU), jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Untuk longsor di Kecamatan Luas, Desa Serdang Indah (SP 4) menutupi akses jalan ke desa. Masyarakat, TNI dan Kepolisian melaksanakan pembersihan dengan alat seadanya dan dibantu alat berat jenis Dozer milik PU Kabupaten Kaur.

Longsor tersebut selain menutupi badan jalan juga menimbun rumah warga desa Bunga Melur Semidang Gumay. Rumah Simanudin ( 47), mengalami Kerusakan Dapur. Kerugian ditaksir Lebih Kurang 10 Juta. Rumah Ishak (45) mengalami kerusakan yang sama dibagian dapur dan kerugian diperkirakan lebih ķurang 5 juta.

Untuk lalu lintas dari Kecamatan Kinal menuju Kecamatan Semidang Gumay dan sebaliknya sudah kembali normal. Jalan yang tertutup longsor di desa Bunga Melur sudah selesai di bersihkan. Ungkap Danramil 03/Kaur Tengah Kapten Ing. Marpaung. Kegiatan pembersihan longsor diikuti Kapolsek Kaur Tengah, Kabid BPBD, Babinsa dan Anggota Babinkantibmas.

Sejauh ini pantauan langsung dari wartawan berandang.com kaur masih diguyur curah hujan yanģ cukup deras, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi longsor atau banjir susulan. (MD)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *