by

BUMDes Muara Bersama Berbagi Kepada Warga

-News-0 views

Berandang.com – Empat Lawang. Bumdes Muara Bersama adalah Badan Usaha Milik Desa Muara Pinang Lama, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, berdiri tahun 2018 dan beroprasi di tahun 2019 pasca mengalirnya Irigasi Lintang Kiri sudah maju dan berkembang karena warga setempat sudah bisa menikmati hasilnya. Kamis (21/05/2020)

Pada 01-01-2019, dari sinilah sawah tadah hujan yang pernah gagal panen tiga tahun berturut-turut. Gagal panen karena kemarau panjang namun kini di wilayah Desa Muara Pinang Lama sudah mulai berubah jadi sawah irigasi, sejak itu pula luasan sawah meningkat dari 108Ha sawah tadah hujan. Kini menjadi 165Ha sawah irigasi masyarakat giat buka sawah Baru.

Kepala desa melalui ketua Bumdes yaitu Irzan menyampaikan, Alhamdulillah dampak Ekonomi dan faktor keamanan meningkat jauh lebih Baik dari sebelumnya. Bumdes bisa menampung 800-1500 karung gabah kering dalam dua musim panen, hasilnya sudah dinikmati puluhan KK yang diberi bantuan 10kg beras per satu KK dan dibelikan ratusan kursi plastik untuk dipergunakan kepentingan warga” Ujarnya.

Sambung dia, Untuk aturan Bumdes tertuang dlm perdes no 140/01/mpl/mp/2018. Adapun hasil Bumdes 50% kas Desa dialokasikan 50kg untuk masyarakat yang meninggal dunia, guru ngaji berpariasi sesuai jumlah murid agar tidak timbul kecemburuan sosial. 25% honor pengurus, 25% operasional Mesin dan operator” Paparnya.

Penyerahan Bantuan

Kades beserta pengurus Bumdes mengalokasikan Beras untuk masyarakat kurang mampu, lansia dan janda tua yang minim penghasilan.

Atas nama Kades Muara Pinang Lama, terima kasih kepada maayarakat baik dalam desa ataupun luar desa yang telah membantu mendukung Bumdes Muara Bersama karena hasil Bumdes digunakan untuk kegiatan agama, sosial dan musibah” Tutupnya. *(San)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed