terangbenderang

Upacara HUT Satpol, Satlinmas, dan Damkar di Kepahiang Berjalan Sukses

Admin
25 March 2019

Berandang-Kepahiang. Peringatan HUT Satpol PP Ke-69, HUT Satlinmas, dan HUT Damkar tingkat provinsi Bengkulu dipusatkan di Kabupaten Kepahiang. Ratusan personil Satpol PP, Damkar dan Linmas se-propinsi Bengkulu hadir sebagai peserta upacara yang dilaksanakan di Lapangan Pemda Kepahiang, Senin (25/3/2019) Pukul 08.30 Wib. Bertindak sebagai inpektur upacara Gubernur Bengkulu yang diwakili olek Sekda Propinsi Bengkulu Nopian Andusti. Sebelum pelaksanaan upacara Sekda beserta rombongan disambut secara adat oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM, Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, Sekda Kepahiang, dan Forkopinda Kepahiang dan penyambutan sekapur sirih oleh semulen/anak gadis anggota Satpol PP Kepahiang. Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar 2019 tingkat Provinsi Bengkulu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkulu Tengah, Kasatpol PP Se-Provinsi Bengkulu, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang dan Kepala OPD Dilingkungan Pemda Kepahiang.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menyampaikan amanat Mendagri dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-100 Damkar, HUT Ke-69 Satpol PP, dan HUT Ke-57 Satlinmas. “Peringatan Hari Ulang Tahun sebagaimana yang kita lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sekda juga mengajak peserta upacara yang terdiri atas Damkar, Satpol PP, Satlinmas tingkat Provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia, gabungan organisasi masyarakat, pelajar/mahasiswa dan masyarakat untuk menjadikan Ideologi Pancasila bangsa sebagai sarana pemersatu bangsa serta mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan.

“Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke-57 mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi Ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,” lanjut Sekda Nopian.

Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

“Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara,” pungkas Sekda Nopian. *(UT)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *