terangbenderang

Tim Blitz Explore Indonesia Sambangi Bengkulu

Admin
21 November 2018

Berandang-Bengkulu. Tim Blits Explore Indonesia yang mengendarai Mobil Elektrik hasil karya Mahasiswa Universitas Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Budi Luhur, Provinsi Jawa Timur tiba di Provinsi Bengkulu.

Kedatangan mereka yang didampingi pihak PLN area Bengkulu ini, disambut hangat Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Kantornya, Rabu (21/11/2018).

Menurut Ketua Tim Blitz Explor Indonesia Agus Mukhlisin, kunjungan mereka ini dalam rangka mengemban misi mengelilingi Indonesia memakai kendaraan dengan bahan bakar listrik hasil karya anak negeri.

“Misi yang kami emban yaitu, mengelilingi Indonesia dengan menguji komponen hasil karya anak bangsa sendiri. mengeksplor Indonesia dengan zero emission (tanpa emisi /gas buangan). Kita kelilingi Indonesia tapi tidak mencemari lingkungan sekitar,” sampai Agus, usai melakukan audensi bersama Gubernur Bengkulu.

Untuk rute, ungkap Agus, mulai dari pulau Jawa kemudian ke Sumatera yang menjadi titik nol perjalanan mereka. Selanjutnya, Tim akan menuju Kalimantan, Papua juga  ke pulau Bali dan Lombok.

“Saat ini kami baru melalui pulau Jawa dan Sumatera. Direncanakan mobil listrik ini akan mengelilingi Indonesia dengan total jarak tempuh lebih kurang 15 ribu KM selama 100 hari,” ungkap Mahasiswa ITS jurusan Teknik Mesin ini.

Sedangkan spesifikasi mobil ini, jelas Agus, memakai listrik dari bateray yang berkekuatan 5 KWH. Dengan kemampuan jarak tempuh sejauh 5 kilometer per satu KWH-nya, yang bearti dapat menempuh jarak hingga 25 kilometer dengan kapasitas bateray 5 KWH tersebut.

“Ada dua jenis mobil yang kita bawa, mobil jenis Kasuari derngan kekuatan 40 KWh sedangkan jenis Blitz sebesar 90 KWH. Dengan perkiraan mobil Kasuari dapat menempuh jarak 150 Km sedangkan Blitz mampu menempuh jarak 350 KM,” ujarnya.

Diakui mahasiswa semester II ini, Mobil Elketrik tersebut masih prototype, karena masih fokus pada riset komponen seperti inverter, motor maupun kelistrikannya, sehingga memang anggaranya belum dapat disamakan dengan mobil konvensional pada umumnya.

Dengan hasil karya yang mereka hasilkan ini mereka berharap dapat menarik minat mitra industry, sehingga kedepannya, dapat disatukan dengan komponen yang ada untuk dibuat mobil yang konvensional.

Pada kesempatan itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan test drive mobil listrik tersebut, dengan mengelilingi pelataran parkir Kantor Gubernur.

Rohidin sangat mengapresiasi hasil karya anak negeri itu dengan menciptakan mobil dengan tekhnologi yang baru dan ramah lingkungan.

“Mantap, suara mesinnya lebih halus dan tidak berisik sebagaimana kendaraan  dengan bahan bakar lainnya. Kita sangat bangga sekali dengan hasil karya anak negeri yang luar biasa ini. Sehingga kedepannya, menjadi pesan bagi generasi yang akan datang untuk menyelamatkan bumi dengan tekhnologi yang baru dan terbarukan, salahsatunya seperti mobil listrik ini,” kata Rohidin, saat usai melakukan test drive.

Dengan adanya mobil listrik ini, dirinya berharap, pihak PLN dapat  memberikan tanggungjawabnya untuk memulai pembangkit listrik dari sumber- sumber energy baru dan terbarukan.

Dirinyapun tidak sepakat sumber daya energy tersebut berasal dari bahan baku yang mencemarkan lingkungan dan tidak ramah lingkungan.

“Konservasi energy nasional itu betul-betul terwujud, maka ketahanan energy sesungguhnya itu benar-benar kita dapatkan,” tegasnya. *(03)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *