terangbenderang

Tenaga Promosi Kesehatan Kota Bengkulu Ikuti Workshop Jurnalistik

Admin
17 July 2019

Berandang-Bengkulu. Dua puluh tenaga promosi kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kota Bengkulu diberi pelatihan jurnalistik dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Promosi Kesehatan di Kota Bengkulu, Rabu (17/7/2019). Workshop ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengatakan, pelatihan ini ditujukan agar para tenaga Promkes mampu meningkatkan kapasitas diri dalam mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi dan program-program Pemkot Bengkulu khususnya di bidang kesehatan kepada masyarakat melalui berbagai media yang ada.

“Peserta yang mengikuti workshop ini berasal dari 20 Puskesmas se-Kota Bengkulu. Workshop ini dimulai tanggal 15 sampai 18 Juli dengan berbagai tema. Khusus hari ini Dinkes mengundang narasumber dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu dengan tema Pengembangan Media Pemerintah dan Publikasi Kegiatan,” terang Susilawaty.

Sementara itu, pemateri dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu Nugroho Tri Putra menyampaikan, fungsi untuk melakukan diseminasi informasi saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan menggunakan media apa saja.

“Bapak Ibu tenaga Promkes dari Puskesmas se-Kota Bengkulu yang hadir di sini harus mampu mengolah informasi dan mendiseminasikannya melalu berbagai media yang ada, salah satunya melalui penggunaan new media atau media sosial,” kata Nugroho Kasi Kehumasan dan Layanan Informasi Publik.

Disampaikannya pula, semua informasi saat ini adalah hak publik, kecuali informasi yang dikecualikan dalam Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Peserta Pelatihan Workshop Jurnalistik
Photo Bersama Peserta Pelatihan Promkes

“Tenaga Promkes bisa memaksimalkan informasi-informasi di bidang kesehatan salah satunya melalui tulisan pemberitaan dan diseminasi informasi melalui media sosial Puskesmas,” kata Nugroho.

“Bayangkan saja, jika semua tenaga Promkes yang ada di 20 Puskesmas se-Kota Bengkulu bisa menulis dalam bentuk pemberitaan dan menyebarluaskannya melalui media sosial dan juga media mainstream sudah berapa banyak masyarakat yang mengetahui informasi-informasi tentang Pemkot Bengkulu khususnya bidang kesehatan seperti Program Jemput Sakit Pulang Sehat, Layanan yang Ramah Rumah Sakit Harapan dan Doa, dan program lainnya,” sambung Nugroho.

Dalam kegiatan ini setiap peserta juga dilatih praktik menulis berita jurnalistik dan pengenalan media milik Pemkot Bengkulu. *(03)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *