terangbenderang

Musrenbang, Ini Target Pembangunan Muara Pinang Kedepan

Admin
18 February 2019

Berandang-Empat Lawang. Pemerintah Kecamatan Muara Pinang gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Musawarah ini di hadiri oleh unsur Tripika. Mulai dari camat Muara Pinang, Kapolsek, Danramil, Perwakilan dari Bappeda, Kabid Dinas Pertanian, para Kepala Desa serta masyarakat kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Kegiatan berlangsung di Balai Kantor Camat Muara Pinang, (14/02/2014).

Camat Muara Pinang Junaidi Amin sambut positif Musrenbang. Menurutnya, forum tersebut menjadi momentum yang tepat untuk melakukan kerja sama, penyelarasan klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan program-program yang ada di kecamatan.

Dalam keterangan persnya, Junaidi Amin menegaskan, “Di forum ini usulan dari kecamatan kita integrasikan dengan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan”, papar Camat Muara Pinang saat membuka acara musrenbang kecamatan di kantor camat Muara Pinang .

Lanjut dikatakan Camat Junaidi, Musrenbang kecamatan merupakan bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan yang melibatkan masyarakat yang lebih luas.

Menurut Junaidi, hal ini penting. Sebab musrenbang menjadi media pemerintah untuk melibatkan partisifasi masyarakat.

“Pelibatan masyarakat dalam pembangunan sudah tentu mutlak adanya. Disamping merangkul keikutsertaan masyarakat itu sendiri, partisifasi yang diberikan secara tidak langsung memberi peningkatan kapasitas program yang dijalankan maupun bagi masyarakat itu sendiri”, terangnya.

Apalagi kebijakan perencanaan untuk tahun 2020 ini katanya, pemerintah kabupaten Empat Lawang telah mengalokasikan pagu indikatif wilayah khusus untuk kecamatan Muara Pinang sebanyak 40 kegiatan pemerintah desa dan dinas pendidikan tingkat kecamatan. Serta tambahan pembangunan kantor Polsek Muara Pinang. Terakhir, Junaidi berpesan bagi masyarakat yang ingin mengusul silakan kirim ke alamat resmi kita.

Sementara itu pihak dinas BAPPEDA dan Kabid Dinas Pertanian, Alex Marsopi mengharapkan agar prioritas Bupati Empat Lawang agar terus dijalankan secara terstruktur. Baik peningkatan kapasitas SPM melalui pelayan pendidikan, kesehatan dan sosial dasar pembangunan, inprastruktur dan penguatan konektivitas wilayah dan peningkatan nilai tambah ekonomi serta stabilitas ke amanan dan peningkatan aktifitas ke amanan.

Kabid Dinas Pertanian turut menyampaikan “Untuk 2020 silahkan kembangkan dibidang pertanian dengan meningkatkan sektor pertanian dan ketahanan pangan. Mohon bantuan masyarakat agar kiranya tingkatkan bergotong royong demi peningkatan saluran air baik primer maupun skunder untuk pembentukan sawah. Kami minta kesiapan dari masyarakat karena pembentukan sawah di kecamatan Muara Pinang lebih kurang 1300 hektare. Nantinya, kita bentuk tim khusus untuk mengakomodir rencana pembentukan sawah tersebut supaya jangan saling menyalahkan, ujar Alex selaku perwakilan Dinas Pertanian. *(Adr)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *