terangbenderang

Di Pedalaman Kaur, Gubernur Rohidin Nginap Hingga ‘Ciblon’ Bareng Anak-anak Desa

Admin
21 September 2020

Berandang.com- Silaturahmi dan dialog pembangunan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur pada Senin (20-09-2020) menjadi pengalaman unik buat warganya. Pasalnya, sudah puluhan tahun desa itu berdiri, baru kali ini warga Desa Muara Dua bisa berdialog secara langsung dan bahkan gubernur menginap di salah satu rumah warga.

“Saya merasa bangga sekaligus terharu, kurang lebih 80 tahun dalam sejarah Desa Muara Dua, baru Gubernur Rohidin ini lah yang bercengkrama dengan warga hingga menginap di desa kami,” tutur Sobri tokoh masyarakat Muara Dua.

Menurutnya, Gubernur Rohidin tampil dengan sosok apa adanya. Sebagai seorang yang lahir dari pedesaan, meski sebagai gubernur, ia tak canggung untuk mendengarkan harapan dan menyapa warganya. Bahkan, selain memberikan motivasi kepada pemuda desa, Rohidin pun berbaur mandi di sungai bersama anak-anak desa.

Saat Ramah tamah bersama masyarakat Desa Muara dua, Gubernur Rohidin mendengarkan aspirasi yang disampaikan masyarakat terkait kebutuhan infrastruktur jalan juga soal jaringan telekomunikasi di desa itu. Sukarmin, salah satu warga Desa Muara Dua mengungkapkan kondisi jalan akses keluar masuk desa yang memprihatinkan, membuat desa sulit diakses. Akses jalan juga dibutuhkan warga sebagai jalur distribusi hasil pertanian yang mereka garap.

“Kami berharap, pembangunan akses jalan bisa dibangun untuk desa kami. Sehingga tidak lagi kesulitan untuk keluar masuk desa, dan membawa hasil bumi yang kami kerjakan,” ungkap Sukarmin.

Mewakili Masyarakat Desa Muara dua Kecamatan Nassal Kabupaten Kaur Sukarmin Menyampaikan Bahwa Kondisi Jalan Yang ada di desa mereka Sangat Memprihatinkan, jarak tempuh yang jauh serta Jalan yang Rusak Membuat mereka Kesulitan Untuk Menuju Akses Ke luar Desa

“Kami Sangat Berharap Kedepan Akses Jalan Kami di bangun Sehingga kami tidak lagi kesulitan Untuk Keluar Masuk Desa kami” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Rohidin menegaskan prinsip pemerataan pembangunan akan terus dilakukan. Utamanya untuk infrastruktur dasar seperti kesehatan, pendidikan dan juga akses jalan. Beberapa ruas jalan provinsi di Kabupaten Kaur, telah dibangun dan rampung. Manfaatnya juga telah dirasakan masyarakat.

“Saya sengaja datang ke sini, untuk memastikan kondisi warga dan juga kebutuhan infrastruktur dasar. Ruas-ruas jalan yang kita bangun termasuk di Kabupaten Kaur, dengan berbagai panjang jalan sudah terbangun. Ini akan terus kita bangun dengan merata, tapi tidak kita buat sepotong-sepotong. Agar manfaatnya benar-benar bisa meningkatkan produktifitas masyarakat semuanya,” papar Rohidin.

Seperti jalan yang dibangun pada tahun 2019 lalu, ruas jalan poros Tanjung Iman – Muara Sahung – Air Tembok (batas Sumsel) di Kabupaten Kaur kini telah terhubung dan dinikmati masyarakat. Termasuk ruas jalan Tanjung Kemuning hingga simpang tiga Padang Guci, Simpang Tiga Padang Guci- Air Kering hingga Padang Leban, dan Datar Lebar hingga Gunung Megang.

Rohidin juga berpesan, kepada pemuda di Kaur agar turut dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Pemuda untuk tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif seperti narkoba. Meski tinggal di desa, pemuda tetap bisa produktif dan turut membangun daerah. “Teruslah berkarya dan tetap semangat, sekecil apapun semuanya punya peran dan manfaat untuk kemajuan daerah kita ini,” ucap Rohidin.

//Rohidin, Gubernur Berintegritas

Ardiansyah, salah satu tokoh pemuda Kaur mengapresiasi Gubernur Rohidin dalam membangun sistem integritas dalam tata kelola pemerintahan. Ia menilai, Rohidin menjadikan contoh melaliu perilaku dan kebijakan pembangunan yang berintegritas.

“Membangun dengan taat kepada aturan, itu pokok yang penting. Kejujuran dan semangat membangun beliau saya rasa menjadi kebanggaan kita bersama. Kita mantap punya pemimpin yang berintegritas,” kata Ardiansyah, pria asal Kaur yang bangga putera daerah memimpin Bengkulu dengan menjaga martabat Bengkulu.

Dirinya pun berharap, sistem integritas yang telah dibangun, bisa diikuti dengan terobosan birokrasi di pemerintahan hingga tingkat desa. Sistem yang bersih, harus diikuti pola-pola kerja para pemangku kebijakan dan pelayanan yang bersih juga.

Tak hanya Ardiansyah, Agus Salim mantan anggota DPRD Kaur menilai Rohidin mampu mengembalikan kepercayaan dan meyakinkan pemerintah pusat dengan sikap dan sistem integritas yang ia bangun. Ini dibuktikan Proyek Strategis Nasional seperti Jalan Tol, pengembangan Bandara Fatmawati dan pengembangan pelabuhan progresnya terus berjalan.

“Rohidin piawai meyakinkan pemerintah pusat, dana dari pusat dan proyek-proyek nasional bisa eksekusi. Ini jelas perlu kepercayaan diri dan juga kepercayaan pemerintah pusat. Kalau tidak berintegritas, mana mau pemerintah pusat percayakan ?,” demikian ucap Agus Salim di Kaur. *(ET)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *