by

TMMD Reguler Brebes Jalankan Perekonomian Pedagang Kecil di Tengah Pandemi

-TMMD-11 views

Brebes – Harapan untuk lebih sejahtera ekonomi dari warga masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di tengah wabah pandemi covid, muncul seiring dengan adanya TMMD Reguler ke–109 di desanya.

 

Salah satunya adalah Sulaiman (63), warga Dukuh Kutagaluh RT. 03 RW. 02, Kalinusu, yang sudah satu tahun lebih berjualan sayur keliling dengan penghasilan berkisar Rp. 50 ribu/perhari.

 

Menurutnya, dengan adanya pembukaan dan pengerasan jalan 2,2 kilometer dari Desa Kalinusu ke salah satu dukuh yang terisolasi, Dukuh Kedung Kandri, dirinya sangat senang karena jika jalan sudah jadi maka dapat berjualan kesana.

 

“Dulu, jika akan ke kantor desa yaitu Balai Desa Kalinusu, warga Dukuh Kedung Kandri selama ini harus menyeberang Kali Pemali dengan rakit terlebih dahulu, dan kemudian melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer lebih dalam waktu 45 menit, dengan melewati beberapa desa di wilayah kecamatan tetangga (Bantarkawung) dan sejumlah desa di Kecamatan Bumiayu, sebelum akhirnya tiba ke tujuan,” bebernya, Kamis (17/9/2020).

 

Babinsa Kalinusu, Sertu Eko Nuhyoto menjelaskan, saat TMMD Reguler resmi dibuka 22 September 2020 ini, akan datang ratusan anggota TNI yang akan dan beraktivitas selama 30 hari di Kalinusu.

 

Mereka akan menyerahkan Uang Lauk Pauk (ULP), kepada Ibu-ibu PKK Kalinusu untuk dimasak kan sehingga ini jelas memberikan ruang rejeki baru bagi Sulaiman karena Ibu-ibu itu pastinya akan belanja sayuran yang lebih dari biasanya.

 

“Tentu, hadirnya TMMD ini sungguh merupakan berkah bagi semua orang termasuk saya,” tegasnya. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed