by

Terus Tumbuhkan Minat Baca di Lokasi TMMD Reguler Brebes

-TMMD-197 views

Brebes – Kebiasaan membaca di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih terbilang cukup rendah, dikarenakan faktor ekonomi masyarakatnya yang mayoritas mengandalkan sektor pertanian dan ternak.

Sedangkan untuk faktor kecil lainnya adalah faktor jarak desa ke Kota Kecamatan Bumiayu sejauh 8 kilometer (30 menit), belum masuknya media cetak ke Kalinusu, dan tingkat kesadaran yang juga masih rendah.

Kondisi inilah yang menggugah tim jurnalistik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, membawa surat kabar untuk memancing minat membaca.

Salah satu yang berperan dalam menumbuhkan minat baca tersebut adalah Sertu Sugeng Widodo, anggota jurnalistik TMMD Reguler, dengan membawa puluhan koran yang mempublikasikan kegiatan pembangunan di Kalinusu, melalui TMMD.

Tampak dirinya membagikan kepada perangkat desa, maupun warga baik tua maupun muda. Rabu (14/10/2020).

“Saya selaku Babinsa harus peka terhadap kondisi seperti ini, sehingga perlu sentuhan motivasi untuk menumbuhkan minat membaca baik surat kabar, tabloid, maupun online, sehingga diharapkan kedepan mutu SDM generasi Desa Kalinusu lebih berkualitas,” ungkapnya.

Sugeng menambahkan, budaya anak untuk membaca tumbuh jika orang tuanya juga gemar membaca.

“Mulailah membaca dari sesuatu yang disukai, dan perlihatkan saat anda membaca kepada anak agar timbul motivasinya, serta sisihkan sedikit waktu untuk mendampingi mereka membaca,” tandasnya.

Ditambahkannya, apa yang dilakukannya adalah bentuk peran Babinsa dalam membantu pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, karena selama pelaksanaan TMMD itu, warga Kalinusu sangat senang ketika dibawakan koran.

Hal pertama yang mereka cari adalah foto mereka, barangkali tayang saat kerja bakti atau saat bersilaturahmi dengan Satgas TMMD.

“Itu tidak masalah yang penting tumbuh dulu minat membaca mereka,” pungkasnya. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed