by

Sasaran Fisik TMMD Jawab Kebutuan Desa Sasaran

SINTANG – Komandan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengunjungi Desa sasaran TMMD di daerah perbatasan melalui jalur sungai. Hal ini dikarenakan akses darat menuju daerah pedalaman belum begitu memadai.
Di tengah perjalanan dia banyak melihat transportasi air yang digunakan masyarakat termasuk masyarakat di desa sasaran TMMD. Dia mengatakan sungai telah menjadi salah satu urat nadi bagi kehidupan masyarakat sejak lama. Sungai juga menjadi salah satu jalur alternatif yang dilalui transportasi air untuk mengangkut barang dan orang hingga saat ini.
“Saya melihat banyak sekali kapal bandong yang terparkir di pingir sungai baik di Desa Tirta karya maupun Desa Wirayuda Kecamatan ketungau Tengah. Ini menandakan bahwa transportasi air masih menjadi andalan masyarakat. Sehingga keberadaan transportasi ini juga merupakan kunci bagi perkembangan daerah di perbatasan, ” ujarnya.
Dansatgas mengatakan untuk daerah pedalaman yang sebagian besar wilayahnya hanya bisa ditempuh lewat jalur sungai, jasa transportasi ini merupakan sektor potensial yang dikembangkan dan dirasa sangat penting dalam menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi. Meski begitu itu belum cukup, masyarakat perbatasan khusunya warga Desa Sasaran TMMD juga menginginkan tersedianya akses darat yang memadai sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Masyarakat di Desa sasaran meminta adannya akses darat yang bisa menghuibungkan desa dengan Ibu Kota Kecamatan. Jadi sasaran fisik TMMD Reguler 109 Kodim 1205 Sintang ini menjawab kebutuhan masyarakat di Desa Sasaran ini. Kita Membangun akses darat secara lengkap mulai dari Jalan, jembatan dan gorong-gorong. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” pungkasnya. ( 1205/Sintang)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed