by

Salut Dengan TNI Yang Mengurangi Satu Dusun di Kalinusu Brebes dari Keterisoliran

-TMMD-143 views

Brebes – Apresiasi tersebut dikemukakan oleh Dairah Sriwahyuni (50), warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, atas pembangunan jalan yang ada di desanya melalui program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Salut dimaksudkannya adalah Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, sudah terbebas dari keterisoliran selama 75 tahun, setelah alat berat selesai membuka jalan setapak, pematang sawah, dan juga membangun areal persawahan menjadi jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter.

“Jalan yang dibangun dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri itu, telah mengurangi satu dusun di desa saya yang terisolasi dari dusun-dusun lainnya,” bebernya, Kamis (8/10/2020).

Selama ini, 100 kepala keluarga di Kedung Kandri, harus menyeberang perahu jika akan keluar dusun untuk mendapatkan berbagai fasilitas terdekat di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung.

Pun, jika hendak ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyeberang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuannya itu.

Dikatakannya lanjut, selama ini ada dua dusun di Kalinusu yang terisolir, yakni Dusun Kedung Kandri dan Dusun Maribaya.

Untuk itulah Dairah mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab dan Kodim Brebes, atas upaya mengentaskan para kerabatnya di Kedung Kandri.

Ia berharap, adanya pembangunan lanjutan pasca TMMD Reguler, yaitu pembuatan jalan tembus dari pertigaan jalan TMMD di titik 1 kilometer (lokasi Prasasti TMMD Reguler), ke arah Dusun Maribaya sepanjang 4-5 kilometer, sehingga dusun tersebut juga akan terbebas dari keterisoliran dari 12 dusun lainnya di desanya.

Perlu diketahui, karena letak geografis Desa Kalinusu yang berada di perbukitan, maka membuat sejumlah dusun di desa itu berpencar-pencar, dan dua dusun yang terisolasi dengan dusun-dusun lainnya. (Dar/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed