by

Renovasi Rumah Karmin Dikeroyok Para Teknisi Bangunan TNI dan Warga Kalinusu Brebes

-TMMD-303 views

Brebes – Para Teknisi Bangunan Kodim 0713 Brebes, bersama Tim Teknis Satgas TMMD Reguler 109 yang terdiri dari anggota Yonzipur 4 Tanpa Kawandya Kompi A Slawi Kabupaten Tegal, Denzibang IV/I Purwokerto dan juga para tukang bangunan masyarakat setempat, bekerja ekstra untuk merehab rumah tidak layak huni milik Karmin (38), warga Dusun Kutagaluh RT/RW. 02, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Selain pekerjaan plester dinding, pekerjaan lain yang juga dikebut adalah pemasangan rangka atap rumah. Rabu (14/10/2020).

Dijelaskan Peltu Maulana, Kepala Teknisi Bangunan Kodim Brebes, bahwa pekerjaan di rumah Karmin, adalah pembangunan rumah mulai dari pemasangan dinding bata, karena sebelumnya kondisi bangunan hanyalah pondasi saja.

“Khusus untuk pekerjaan pembangunan rumah, dikerjakan oleh tim khusus dari TNI dan para tukang dari masyarakat. Sementara untuk rehab rumah, pekerjaan dilakukan anggota Satgas TMMD dari Brigif 4 Dewa Ratna, Polri, dan juga tukang warga setempat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, upaya tersebut guna menjaga kualitas hasil pekerjaan yang dilakukan melalui TMMD.

“Untuk penyempurnaan rumah, selain didanai oleh Kodim Brebes senilai Rp. 10 juta, juga berasal dari pihak keluarga pemilik rumah, bantuan pihak desa, dan juga swadaya masyarakat setempat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Reguler 109 Brebes yang memasuki hari ke-23 ini, atau menyisakan sepekan terakhir sebelum ditutup 21 Oktober 2020 nanti, sasaran rehab 5 unit RTLH sudah mencapai target yang menggembirakan, yakni 1 unit RTLH sudah 100 % yaitu milik Mbah Raad (66), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu.

Sementara untuk keempat RTLH lainnya yang merupakan tetangga Raad meliputi, milik Damad (33) 91%, rumah Sarto (43) 91%, dan rehab rumah milik Makmuri (30) dengan hasil 80 %. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed