by

Pedagang Sayur Keliling Yang Menangguk Rezeki di Balik TMMD Reguler Brebes

-TMMD-13 views

Brebes – Adalauh Khunaini (40), pedagang sayur keliling asli warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang dapat diibaratkan panen rezeki sejak adanya TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di desanya itu.

Dikatakannya, dengan adanya pembangunan jalan antar dusun di desanya (Dusun Karanganyar-Kedung Kandri) sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, secara pribadi dari profesinya itu terbantu.

“Sebentar lagi saya mendapatkan tempat berjualan baru di Dusun Kedung Kandri yang selama ini terisolasi karena tidak adanya jalan kesana, dari Kalinusu langsung,” ujarnya, Senin (11/10/2020).

Khunani paham betul, bahwa jalan yang tinggal pengerasan dengan alat berat itu, juga akan segera menjadi Jalan Usaha Tani (JUT), pendidikan, kesehatan, dan akses menuju Pasar Bumiayu, bagi warga Kedung Kandri.

Sementara terkait adanya ratusan anggota Satgas TMMD yang tinggal dipusatkan di Lapangan Sepakbola Kalinusu, juga menjadi berkah tersendiri karena sayur dagangannya laku keras oleh ibu-ibu PKK Kalinusu, yang mengelola Uang Lauk Pauk (ULP) Satgas TMMD Reguler.

“Ibu-ibu PKK Kalinusu, saat ini yang membeli sayuran dan bumbu terbanyak, untuk dimasak di Dapur Lapangan TMMD, yang berada di lapangan desa, untuk mendukung logistik TNI dan warga setempat yang ikut kerja bakti membangun jalan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan sampan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung, dengan membayar ongkos sampan seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk setiap satu sepeda motor.

Sementara untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan. (Dar/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed