by

Motivasi Membaca Terus Ditiupkan Babinsa Brebes Kepada Warga Kedung Kandri

-TMMD-88 views

Brebes – Motivasi membaca terus dan terus digalakkan oleh anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, saat bertugas di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bagi masyarakat yang baru saja merdeka dari keterisoliran berkat adanya jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter menuju desanya Kalinusu, warga Dusun Kedung Kandri, masih cukup banyak yang belum mempunyai android.

Selain faktor ekonomi karena mayoritas penduduknya hanya sebagai petani, buruh tani, dan peternak, kesulitan jaringan internet juga menjadi faktor keterbatasan mereka mengakses informasi perkembangan dunia luar.

Selain gadget dan televisi, media cetak pun sangat penting sebagai bahan informasi berita dalam bentuk fisik.

Selain Sertu Eko Nuhyoto, Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, yang rajin membagikan koran yang memuat pemberitaan TMMD Reguler, mala mini Sertu Lantoro dan Serda Sarwadi, anggota tim teknisi bangunan dari Kodim Brebes, juga melakukannya. Rabu (14/10/2020).

“Kami ingin masyarakat Dusun Kedung Kandri juga tahu bahwa semangat mereka dalam membantu Satgas TMMD membangun jalan ke dusunnya, dimuat di media cetak dan diketahui umum,” ungkap Serda Sarwadi, salah satu Babinsa Koramil 12 Bantarkawung itu.

Walaupun bukan Babinsa setempat, namun saat ditugaskan selama satu bulan lebih di Kalinusu sejak Pra TMMD (15/8), dirinya juga mempunyai tugas yang sama untuk menginisiasi warga setempat gemar membaca.

“Selaku Babinsa, saya juga harus peka membantu rekan kami dalam memotivasi upaya menumbuhkan minat baca, sehingga diharapkan kedepan akan meningkatkan SDM warga Dusun Kedung Kandri,” imbuhnya.

Ditambahkannya, mengulas penyampaian Babinsa Eko, hal pertama yang warga cari adalah foto mereka, barangkali tayang saat kerja bakti atau saat bersilaturahmi dengan Satgas TMMD. Baginya itu tidak menjadi soal, terpenting tumbuh dulu minat mereka membaca. (Utsm/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed