terangbenderang

Kekompakan Kunci Keberhasilan TMMD Tebluru

Admin
9 October 2020

 

Lamongan – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 109 Kodim 0812/Lamongan, selain melaksanakan program kegiatan dalam pembangunan fasilitas Fisik juga melaksanakan pekerjaan Non fisik demi tercapainya masyarakat yag maju dan sejahtera.

Tentu dalam pelaksanaannya juga harus kompak antara TNI dan rakyat dengan melaksanakan gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan, sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia yang tertuang dalam sila –sila Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Negara Indonesia memiliki Kebudayaan yang sangat tinggi nilainya baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara. Karena didalam sila – sila Pancasila, antara sila pertama hingga kelima semuanya sangat berkaitan. Masyarakatpun meyakini bila dapat mengamalkan dari semua sila tersebut maka kehidupan akan terasa aman, tentram dan damai.

Selain itu, pembangunan juga akan dapat berhasil dengan baik dan merata, karena selalu berpedoman pada sila – sila tersebut dalam kehidupan sehari – hari.

Dansatgas TMMD Lekol Infantri Sidik Wiyono, Selasa (29/9/20) mengatakan, ”Untuk melaksanakan sila – sila tersebut membutuhkan waktu yang panjang karena tidak seperti membalikkan tangan dan perlu pemahaman disetiap jiwa masing- masing, perlu pengorbanan dan kesabaran yang tinggi. Untuk itu dengana adanya wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia ini jangan sampai surut semangat dari TNI untuk terus membantu rakyat dalam Membangun dengan melalui Program TMMD.”

Bahkan para satgas dan warga, di dalam pelaksanaan TMMD menunjukkan semangat gotong royong dan kebersamaan walaupun harus menggunakan Protokol kesehatan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa TNI dan rakyat mempunyai semangat yang sama untuk ikut membangun demi kemajuan wilayah tertinggal, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat begitu kuat dan memang tak dapat terpisahkan.

Lebih lanjut kata Dandim,” Tanpa adanya kerjasama yang kuat antara TNI dan rakyat, maka pelaksanaan TMMD tidak akan terlaksana dengan sukses, Karena keberhasilan dari TMMD ini tentunya berada ditangan rakyat. Kalau rakyat kompak maka TMMD pasti akan berhasil. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *