by

DLHPS Brebes Sosialisasikan Sampah menjadi Berkah di Non Fisik TMMD Reguler

-TMMD-11 views

Brebes – Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes, juga memberikan edukasi di kegiatan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Balai Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kepada perwakilan warga setempat, termasuk anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Koramil 11 Paguyangan. Kamis (8/10/2020).

Di sosialisasi yang menerapkan protokol kesehatan itu, Agus Kholik, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) DLHPS Kabupaten Brebes itu, membawakan materi tentang pengelolaan sampah rumah tangga melalui sistem bak sampah secara mandiri.

“Sosialisasi ini untuk mendorong masyarakat Kalinusu, untuk berdikari mengatasi masalah sampah rumah tangga, baik yang organik maupun plastik, karena jika sampah dikelola dengan cara yang benar, maka sampah bukan lagi masalah tapi menjadi berkah buat peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Agus Kholik juga mensosialisasikan Perbup Nomor 57 Tahun 2019, tentang Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat. Harapannya, kedepan di Desa Kalinusu akan mendirikan TPS 3R atau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi, menggunakan, dan daur ulang) sampah, di tanah bengkok desa yang saat ini sudah mempunyai akses jalan selebar 4-6 meter yang sedang diselesaikan melalui TMMD Reguler.

“Ini merupakan salah satu upaya Pemkab Brebes melalui DLHPS untuk menangani persoalan sampah khususnya di wilayah Kecamatan Bumiayu, yang selama ini masih memanfaatkan TPS Kalijurang, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong,” imbuhnya.

Sementara itu Kades Kalinusu, Wasid (44), yang juga ikut hadir, menyatakan bahwa pihaknya menyatakan komitmennya untuk pembuatan TPS 3R dengan memanfaatkan sebagian lahan tanah bengkok seluas 8 hektar, tepatnya di titik jalan TMMD 1,2 kilometer dari 2,2 kilometer, yang membentang mulai Dusun Karanganyar menuju Dusun Kedung Kandri. “Untuk TPS 3R akan kami upayakan setelah jalan TMMD itu jadi. Akan dikelola Bumdes Kalinusu dan dikhususkan untuk masyarakat Kalinusu saja,” ungkapnya. (Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed