by

Dansatgas Bahas Potensi Sungai di Lokasi TMMD

SINTANG- Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 1205/ Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan berbincang- bincang dengan Plh Koramil 1205-09/ Merakai, Serka Bambang, sambil menunggu menu makan siang di Warung Apung Rami siap dihidangkan.
Dansatgas dan Serka Bambang berbincang-bimcang diatas dermaga rumah makan apung tersebut. Sungai ketungau menjadi topik pembicaraan mereka kala itu. Dansatgas mengatakan bahwa sungai Ketungau mempunyao pengaruh sangat besar bagi kehidupan Masyarakat.
“Masyarakat memanfaatkan sungai tidak hanya sebagai jalur transportasi utama. Tapi juga untuk pengembangan pontensi usaha masyarakat seperti rumah makan apung. Jadi sungai punya potensi pemanfataan yang luar biasa,” ujar Dansatgas.
Dia juga mengatakan bahwa masyarakat membuat usaha rumah makan apung sebagai pemanfaatan potensi sungai. Karena sebagian besar masyarakat ketungau mengandalkan transportasi air meski sudah ada akses darat.
“lalu lintas di perairan ini nyaris tidak pernah sepi sehingga Air atau sungai sebagai sumber kehidupan bisa kita lihat manfaatnya lebih luas di daerah ketungau ini. Sungai menjadi urat nadi kehidupan masyarakat,” ujar Dansatgas.
Rumah makan Apung, kata Dansatgas mencerminkan jati diri kehidupan masyarakat di bantaran sungai. “Rumah makan apung juga bagian dari melestarikan budaya lokal masyarkaat setempat,” pungkasnya. (1205/Sintang)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed