by

Apresiasi Guru SMP Negeri 04 Bumiayu Terhadap Akses Jalan TMMD Reguler Brebes

-TMMD-10 views

Brebes – Berbagai pembangunan yang dilakukan oleh Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, mendapat apresiasi dari sejumlah pihak salah satunya adalah dari guru di Kota Kecamatan Bumiayu.

Seperti dikatakan Endah (40), guru SMPN 04 Bumiayu, yang merupakan warga Dukuh Beji RT. 03 RW. 01, Kalinusu, menurutnya apa yang sudah dilakukan TNI dengan melakukan sejumlah pembangunan di desanya Kalinusu, merupakan hal yang tepat terutama pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, penghubung antara Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri.

“Senang sekali pak, pembangunan ini sangat tepat menurut saya, para petani di desa kami jelas terfasilitasi, dan khususnya adalah memberikan akses pendidikan buat anak-anak dari Dusun Kedung Kandri yang dulunya terisolir dari desa kami,” bebernya, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan lebih lanjut, dulunya warga Dusun Kedung Kandri harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah desa/kecamatan tetangganya, yaitu Bantarkawung.

Dijelaskannya juga, sedangkan untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.

Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor, sedangkan anak-anak sekolah 8-10 menit dengan sepeda kayuh.

“Untuk itulah saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda, TNI, dan seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan anak-anak Kedung Kandri, sehingga secepatnya mereka akan dapat bersekolah ke wilayah desa kami, dan desa tetangga yaitu Kaliwadas serta Desa Bumiayu,” tandasnya.

Ditambahkannya, selain akses pendidikan, jalan TMMD itu jelas akan menjadi akses perekonomian dan juga mendapatkan pelayanan kesehatan, termasuk memudahkan seluruh petugas dalam melakukan pembinaan ke Dusun Kedung Kandri. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed