by

Anggota Satgas TMMD 109 Sintang,Terus Bangun Komsos Bersama Masyarakat Setempat

SINTANG – Bukan hanya pembangunan sasaran fisik yang dikerjakan Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 1205/Sintang Satgas juga membangun komunikasi sosial (Komsos) dengan warga masyarakat.

Hal tersebut terlihat di keluarga Bakar selaku Ketua Adat Dusun Sekajau Desa Tirta Karya yang bersama warga kerap berkumpul dan saling bercengkrama setelah hampir dua pekan prajurit Satgas TMMD tiba. Mereka juga berkomunikasi dengan para prajurit.

Kesempatan itu Bakar Ketua Adat Dusun Sekajau merasa aman dan nyaman hidup berdampingan dengan anggota Satgas TMMD 109 Sintang.

“Kami merasa aman dan nyaman ,dengan kehadiran Satgas TMMD 109 Sintang ini ,”ucapnya.

Dansatgas TMMD 109 Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyebutkan, bahwa anggota Satgas ditempatkan di rumah – rumah penduduk dan makan dari warga yang ditempati rumahnya. Dengan metode tersebut pimpinan atas mengharapkan anggota Satgas bisa berbaur dan merasakan apa yang dirasakan warga dan di situ akan terjadi hubungan emosional antara TNI dan warga.

Mereka juga diharapkan lebih aktif dalam menjalin komunikasi sosial kepada semua lapisan masyarakat sehingga kehadiran mereka selalu mendapat respon yang baik dari warga. “Dengan demikian kemanunggalan TNI dan rakyat menjadi nyata,” tegasnya. 

Terpisah Rumi salah satu warga Dusun Sekajau menuturkan, kehadiran prajurit TNI di kampungnya menambah penghasilan baginya dan orang se kampung sehingga meningkatkan taraf kehidupan ekonomi warga. Karena mendapatkan rezeki dari uang makan yang diberikan Satgas TMMD.

“Sebelum kedatangan Satgas TMMD 109 Sintang, saya di kampung hanya ibu rumah tangga. Tetapi setelah tentara datang justru kebanjiran pekerjaan dan dipercaya sebagai orang tua asuh karena ikut andil untuk anggota Satgas TMMD,” kata Rumi. (1205/Sintang)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed