by

Ada Jalan TMMD Reguler Brebes, Perahu Penyeberangan Kali Pemali ke Kedung Kandri Sepi

-TMMD-234 views

Brebes – Ternyata dengan adanya pembangunan akses jalan penghubung antara Dusun Kedung Kandri ke Dusun Karanganyar, Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, berdampak bagi Martono (57), tukang perahu penyeberangan di Kali Pemali, yang merupakan warga asal Dusun Karang Gempol RT. 02 RW. 06, Desa/Kecamatan Bantarkawung.

Alasannya sangat jelas, kerana seluruh warga Dusun Kedung Kandri yang dulunya terisolir dan menggunakan jasanya untuk keluar masuk dusun, kini memiliki jalan tembus ke desanya Kalinusu dengan melewati jalan TMMD itu.

“Sekarang warga yang menyeberang Kali Pemali menjadi sepi semenjak adanya jalan baru TMMD itu.Namun saya ikut senang karena akhirnya seluruh warga Dusun Kedung Kandri, kini memiliki jalan ke desanya Kalinusu,” ungkapnya, Selasa (27/10/2020).

Martono yang menyatakan kasihan kepada warga Kedung Kandri, karena sudah sebelum dirinya lahir, mereka sudah naik perahu untuk menyebrang Kali Pemali, yaitu terisolir 75 tahun.

Baginya, selain menggantungkan hidup dari imbalan saat menyeberangkan warga Kedung Kandri, niatnya adalah ibadah untuk membantu kesulitan warga tersebut, sehingga bukan untuk senang di atas kesusahan orang lain.

Sementara terkait rencana Pemerintah Desa Kalinusu untuk membangun jembatan gantung dengan dana desa di tahun 2021 mendatang, Martono juga menyambutnya dengan lapang dada karena dirinya juga memiliki lahan sawah di wilayah Dusun Kedung Kandri, sehingga dirinya juga akan dimudahkan dengan akses baru itu.

“Jika jembatan gantung itu jadi, saya akan melanjutkan kembali bertani di Dusun Kedung Kandri untuk mencukupi kebutuhan keluarga,” imbuhnya.

Martono mengaku, ongkos rakit adalah seribu rupiah untuk anak-anak sekolah bolak-balik, Rp. 2 ribu untuk orang beserta sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk orang bersama sepeda motornya.

Sekedar informasi, kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu, maupun di wilayah desa tetangganya, Desa Kaliwadas dan Desa Bumiayu, dengan langsung melewati jalan TMMD itu. (Rus/Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed