terangbenderang

Peringati Hari HIV AIDS Sedunia, Dinkes Provinsi Harap Warga Terjangkit tak Minder Berobat

Admin
2 December 2019

Berandang.com- Bengkulu. Dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia, yang jatuh pada tanggal 01 Desember. Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu gelar aksi damai di Simpang Lima Ratu Samban, kota Bengkulu, senin (02/12/2019).

Tampak ratusan para peserta aksi yang terdiri dari unit layanan HIV AIDS, Aisyiyah, LSM Peduli HIV AIDS, Duta HIV AIDS dan beberapa kelompok yang perduli terhadap HIV AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu melalui Kepala Bidang P2P,  Lisyenti Bahar, SKM. MPPM selaku koordinator aksi menyatakan, aksi ini adalah bentuk solidaritas terhadap masyarakat yang terjangkit virus HIV AIDS.

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia tahun ini, pihak dinas kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar pemeriksaan gratis bagi pengidap HIV AIDS di tiap-tiap kabupaten Kota.

Hal yang mengejutkan, menurut keterangan Lisyenti, di Provinsi Bengkulu ada 1.109 orang yang terjangkit penyakit AIDS. Angka itu tersebar di 10 kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu. Naasnya, penyakit ini ada yang menimpa dua orang anak balita yang baru lahir.

Dalam kegiatan ini, para aksi sempat membagi-bagi bunga sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terjangkit HIV AIDS sekaligus mengajak agar masyarakat mengenali penyakit menular tersebut.

Masih dikatakan Lisyenti, dinas kesehatan provinsi Bengkulu akan membuka pemeriksaan gratis bagi yang ingin memeriksa apakah dia terjangkit virus HIV AIDS atau tidak.

“Setelah ini kita akan membuka stand pemeriksaan gratis untuk memeriksa penyakit HIV AIDS.” Ujarnya.

Ia berharap, agar masyarakat mengenali penyakit ini. Bagi yang terjangkit, akan diberikan obat secara gratis oleh dinas kesehatan.

Ditanya soal apakah penyakit ini bisa disebuhkan, ia menjawab. “Penyakit ini akan bisa berkurang dan bisa kembali normal seperti biasa. Yang terpenting, penderita harus meminum obatnya.” Ditutupnya. *(ET)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *