terangbenderang

Saluran Irigasi Aliri Ratusan Hektar Sawah Butuh Perhatian Pemerintah Empat Lawang

Admin
16 December 2019

Berandang.com-Empat Lawang. Siring Sunggin Ladangan Pamah Timput mengaliri ratusan hektar sawah tepatnya di kawasan Desa Pagar Jati, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sum-Sel, butuh perhatian dari pemerintah. Minggu (15/12/19)

Perbaikan saluran air ini berkali-kali dilakukan oleh warga sebelum menggarap tanaman padi. Bangunan yang ada sudah termakan usia, sebab bangunan itu sudah 24 tahunan (1995). Sampai sekarang belum pernah disentuh oleh pemerintah. Sedangkan ladangan sawah ratusan hektar  memerlukan air. Terang Subhan (45) warga Desa Pagar Jati kepada jurnalis.

Dilanjutkan Subhan, “Saluran irigasi ini juga mengairi warga Desa Tanjung Jati. Bertahun – tahun untuk mengatasi masalah ini kami bergotongroyong memperbaikinya secara darurat. Bermodalkan kayu-kayu besar dan batu-batu besar untuk membendung air supaya mengalir ke ladangan “, Keluhnya.

Ditempat terpisah, jurnalis mengujungi Kepala Desa setempat. Saat ditemui di kediamannya Bapak Abzan, S.Sos selaku Kepala Desa Pagar Jati membenarkan informasi yang ada.

“Iya berdasarkan keluhan warga kemarin, air Siring Sunggin Ladangan Pamah Timput yang mengaliri ratusan hektar sawah saat ini sangat memprihatinkan”, Terang Abzan.

“Saya selaku pemerintah desa sudah beberapa kali mengusulkan proposal pembangunan irigasi ini ke dinas, namun belum di respon dari pemerintah hingga saat ini. Setiap tahun saya usulkan bahkan di musrenbang Kecamatan,” Keluh kades.

Abzan berharap pemerintah dapat membantu atas keluhan warga karena ladangan tersebut adalah ladangan terbesar di kawasan ini”, Harapnya. *(San&Mm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *